Mohon tunggu...
Abbaz Sukarno
Abbaz Sukarno Mohon Tunggu... Blogger plus Pegiat Kurma

blogger, book lover, kurma lover

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

"Amazing", Kurma Berbuah Lebat di Indonesia

29 November 2018   11:29 Diperbarui: 29 November 2018   11:50 0 1 1 Mohon Tunggu...
"Amazing", Kurma Berbuah Lebat di Indonesia
Kurma Berbuah di Pasuruan (foto: Dok. pribadi Pangkat RK)

Siapa sangka, pohon kurma yang awalnya didatangkan untuk agrowisata ternyata kini berbuah. Tak hanya berbuah namun juga lebat. Fakta ini meruntuhkan berbagai teori dan mitos yang menganggap bahwa kurma tidak mungkin berbuah di Indonesia.

Tepatnya di Pasuruan Jawa Timur. Beliau adalah Haji Ruslan yang menyulap lahan seluas 3ha menjadi kebun kurma dan agrowisata. Di lokasi tersebut banyak ditanam pohon kurma berbagai jenis dan warna. Saat mengkal atau fase ruthob, ada yang berwarna merah dan kuning. Adapun fase seblumnya, Khalal, semua berwarna hijau.

Warna dan bentuk kurma menunjukkan jenis kurma tertentu. Misal kurma ajwa, saat ruthob berwarna merah dan bentuknya cenderung bulat. Kurma deglet nur, saat ruthob berwarna kuning dan bentuknya lonjong. Soal rasa, masing-masing juga punya ciri khas. Tidak semua kurma memiliki rasa manis di fase ruthob. Diantara yang sudah ada rasa manis di fase ruthob adalah kurma jenis Barhi, khalas, Rotana, Samany, dan ummu Firokh.

Sebaran Kurma Tropis Indonesia

Dengan banyaknya pohon kurma berbuah di Indonesia, rasanya sangat besar potensinya untuk mengembangkan Kurma Tropis Indonesia. Kurma berbuah banyak sekali ditemukan di berbagai kota, baik yang tumbuh liar ataupun yang dirawat. Ada juga yang hasil panennya disemai kembali untuk pembibitan.

Pekanbaru patut berbangga karena di Masjid AnNur ada pohon kurma berbuah di usia relative cepat, belum genap 5tahun. Bekasi pun demikian, pohon besarnya menghasilkan ratusan kilogram kurma berwarna merah di pelataran Masjid Agung AlBarkah. Solo pun ada, di depan masjid MUI Surakarta.

kurma tropis BA1 bibitkurma comPohon Kurma di Halaman Masjid Agung AlBarkah Bekasi
kurma tropis BA1 bibitkurma comPohon Kurma di Halaman Masjid Agung AlBarkah Bekasi
Benarlah potongan lirik "orang bilang tanah kita tanah surge, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Sawit yang aslinya bukan dari Indonesia, tumbuh subur dan dibudidayakan hingga Indonesia menjadi salah satu produsen besar CPO. Termasuk kurma, sangat mungkin Indonesia mampu memproduksi dalam jumlah banyak dengan aneka rasa dan warna.

Bibit Kurma Tropis Asli Indonesia

Kurma di Masjid Agung AlBarkah Bekasi menunjukkan peningkatan produksi signifikan setelah dilakukan perawatan intensif. Menurut pengelolanya, selama 2018 saja satu pohon menghasilkan 30an tandan kurma.

Kurma Berbuah di Solo (foto: dok. pribadi Gunawan Sakti)
Kurma Berbuah di Solo (foto: dok. pribadi Gunawan Sakti)
Dari panenan itu, tercatat ada ratusan biji yang disemai kembali. Semuanya ada 3angkatan. Semaian pertama dari panen tahun 2016. Semaian kedua dan ketiga masing-masing dari panen tahun 2017 dan 2018. Anda bisa menemukan bibit kurma tropis asli Indonesia ini di sana.

Sebagai peluang bisnis, budidaya kurma masih sangat besar potensinya. Puluhan juta ton diimpor tiap tahun dari berbagai negara. Januari-Februari 2018 saja sesuai data kementrian perdagangan, ada 10,2 ton impor kurma ke Indonesia.

Majulah kurma Indonesia.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x