Mohon tunggu...
Abas Basari
Abas Basari Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMA Al Masoem

melakukan apa pun yang bisa, kalau boleh orang lain bahagia

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Nasi Goreng Ayam Suir Teriyaki, Sarapan Praktis

2 November 2022   19:41 Diperbarui: 2 November 2022   19:53 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nasi Goreng Ayam Suir Teriyaki. Sarapan Praktis

Memanfaatkan nasi dan ayam suir bumbu teriyaki yang seharusnya habis pada waktunya. Namanya juga makanan yang tak habis maka supaya awet disimpan di lemari es. Ya ada nasi putih juga nasi kuning semangkok kecil. Setelah di cek aromanya ternyata masih layak untuk dikonsumsi. Mubazir ya kalau dibuang.

Terlintas di benak, bagaimana kalau dijadikan nasi goreng saja ? Diperiksa lah ayam bumbu teriyaki, ternyata masih cukup banyak termasuk bumbunya. Panci pero pun disiapkan. Otak pun masih berpikir supaya hasil memiliki penampilan yang menarik, maka diambilah daun bawang yang ditanam di rofftop rumah.

Niat makin kuat. Dengan harapan menjadikan sesuatu yang bermanfaat.

Panci yang sudah panas saya masukkan ayam teriyaki, ditunggu sebentar sampai panasnya rata. Selanjutnya masuk nasi ng putih juga semangkok nasi kuning. Supaya dapat efek nasi goreng yang tidak terlalu kering, maka api kompor saya pakai ukuran yang sedang saja. Jangan lupa masuk garam ya, secukupnya saja. Sesuai selera ya. Setelah tercampur rata dan nasi sudah panas, irisan daun bawang pun masuk. Aduk-aduk sebentar sampai agak layu. Angkat dan sajikan.  Jadilah nasi goreng ayam suir teriyaki.

Penampilan nasi goreng yang menggoda selera, nampak warna hijau dari daun bawang selain warna nasi yang sesuai warna kecap dari bumbu teriyaki. Perpaduan aroma cabe hijau, daun bawang,  oregano, dan bumbu teriyaki seolah orkestra, saling melengkapi, memunculkan rasa masing-masing.  

Menu ayam suir sengaja dibuat oleh istri dengan tujuan ada yang beda dari olahan ayam biasanya. Dengan sengaja menggunakan gumbu jadi teriyaki. Simple saja pikir ini hanya untuk menghemat waktu. Namun untuk mendapatkan sesnsasi rasa yang beda maka dimasukan cabe hijau tanjung pengganti paprika hijau.

Untuk kompasianer yang kepo dengan resep ayam suir teriyaki dan mudah-mudahan mau mencobanya, bisa disimak di bawah ini.

Dada ayam fillet Kg digoreng, dinginkan, suir-suir

Bumbu : bawang merah, putih, cabe hijau tanjung(buang biji) pengganti paprica hijau yang susah di dapat, oregano, merica, penyedap rasa ayam, dan bumbu teriyaki

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun