Mohon tunggu...
Abas Basari
Abas Basari Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMA Al Masoem

melakukan apa pun yang bisa, kalau boleh orang lain bahagia

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Tambahan Belajar Walau Libur, Siapa Takut!

21 September 2022   10:59 Diperbarui: 21 September 2022   11:19 88 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

"Pa....kelas kita kurang jam biologi loh".! Teguran seorang anak di kelas 10 MIPA 2 kepada saya saat di kelas. "Oh...ya" jawab saya. Seolah-olah sikap saya mengajak anak-anak untuk serius ngobrol.

"Ya..Pa...boleh ga kita ada tambahan biologi di hari Sabtu besok agar bisa membahas kisi-kisi ujian Biologi ?"

"Boleh, dengan senang hati. Bapak setuju", begitu saya merespon permintaan siswa. Akhirnya sepakat untuk belajar tambahan di hari Sabtu besok hari.

Rasa nyantuy dan bebas itulah naluri saya yang diterapkan ke pakaian. Bercelana jeans, dan berbaju kaos double. Bagian dalam berwarna merah tanpa kerah serta kaos luar warna biru muda berkerah. Keren sih menurut saya mah.....Kepedean ga nih? Ya ...biar anak-anak seneng liat bapak gurunya santey.

Saya berangkat dari rumah sekitar pukul 6.30 bersama anak perempuan saya yang paling besar. Katanya harus pergi ke Jakarta bareng atasan dia untuk promosi barang. Anak saya minta diturunkan di Alfamart deket dengan sekolah tempat saya kerja. SMA Al Ma'soem. Jadi sebelum jam 7 sudah ada di sekolah.

Tepat pukul 7.05 belajar pun dimulai. Kita mengunakan Laboratorium Komputer.Diawali dengan do'a bersama supaya dapet keberkahan.

 "Silahkan kerjakan permintaan bapak yang hari kemarin. Tugasnya sudah cukup jelas kan"? Saya bertanya. "Sudah, ..Pa". mereka menjawab serempak. "Pa,...boleh pakai komputer ?", pinta mereka. "Boleh,...dong", jawabku. Siswa yang hadir saat itu pun mulai menggunakan komputer untuk mencari tahu tentang materi pagi ini. Saya mengingatkan untuk tetap jaga amanah..ya. Komputer sebagai alat bantu untuk memudahkan belajar. Bukan untuk disalahgunakan.

Tak tuk tak tuk bunyi ketikan siswa memijit keyboard sambil senyum simpul bahkan kepala mereka ada yang mengangguk-angguk seolah setuju dengan informasi yang mereka dapat.  Sesaat kemudian pun terjadi kesenyapan karena mereka menemukan jawaban apa yang mereka cari dan segera menuliskannya di buku catatan.

Siswa yang belum paham disilakan untuk bertanya. Saat yang membahagiakan gurunya adalah siswa bertanya. 'Pa,..nanya !", seorang anak perempuan yang duduk dibelakang. "Boleh..", jawabku. "Rumput teki seperti apa sih?", tanya siswa. Nah,...ini kesempatan saya mengajak mereka untuk langsung tulis saja kata yang mereka cari. Tulis saja di  search bar "Rumput teki" jika sudah keluar info pindahkan ke image. Jadi deh ketemu jawabannya.

Saya mengajak dua hal, yaitu mencari tahu sampai selesai dengan bantuan Google dan menuliskannya di buku catatan sebagai rekam jejak. Keterampilan membuat rangkuman atau menemukan jawaban atas masalah dan menuliskannya akan berguna nanti saat kuliah.

"Lakukan untuk semua pertanyaan ya.!", pinta saya mengingatkan mereka. "Siaaaappppp,...Pa", serempak mereka menjawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan