Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : FM Al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Rangking ITB dari Kaca Mata Penonton

23 Februari 2021   12:34 Diperbarui: 23 Februari 2021   22:55 215 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rangking ITB dari Kaca Mata Penonton
Gambar ilustrasi kampus ITB di Bandung (Foto: ITB). Diedit oleh dan tambahkan oleh penulis

Kata bakunya "Ranking." Kata tidak baku "Rangking/Rengking." Artinya : Pangkat, Peringkat atau Tingkat. Dalam artikel ini menggunakan istilah tidak baku "Rangking" karena alasan tertentu.

Rangking memang bukan tolok ukur mutlak sebuah mutu tapi rangking dapat memperlihatkan dimanakah letak urutan kedudukan seseorang atau peserta jika dibandingkan peserta lain ditengah-tengah kelompok dimana peserta itu berada. Jika peserta itu adalah anak didik maka rangking itu akan memperlihatkan posisi anak didik.

Terkait beredarnya "The World 2021 University Ranking" di UniRank dan beberapa penyedia informasi lainnya salah satu paling menarik adalah kedudukan salah satu barometer mutu pendidikan di tanah air dan telah menjadi salah satu kebanggaan pendidikan Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).

Versi UniRank 2021, kelas Dunia

Posisi atau rangking ITB untuk kelas dunia 2021 tidak termasuk dalam 200 besar dunia. Betul, bahkan tidak ada satu pun Universitas dan sejenisnya dari Indonesia yang bertengger dalam 200 Universitas kelas dunia.

Versi UniRank 2021, kelas Asia

Untuk kelas Asia ada beberapa universitas Indonesia yang masih diperhitungkan di tingkat Asia yaitu :

Universitas Gajah Mada (UGM) pada rangking (28). UGM berada di bawah Universitas Osaka Jepang (27) dan di atas Univeristas Hebrew Jerussalem (29)

Iniversitas Indonesia (UI) rangking (33). UI berada di bawah Universitas KAIST Korea Selatan (32) dan di atas Universitas Hokkaido Jepang (34)

Universitas Pendidikan Indonesia (53). Selanjutnya Iniversitas Airlangga (66), Universitas Negeri Yogyakarta (66), Brawijaya (75), UnDip (76), Universitas 11 Maret (83), Universitas Muhammadiyah Malang (91). Univeritas Negeri Semarang (98),  IPB (104), Bina Nusantara (114), Universitas Negeri Malang (130) dan ITB urutan ke 131.

Masih untuk kelas Asia, rangking di bawah ITB ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (161), Udayana (171) dan lain-lain di bawahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x