Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Besar, ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : Faisal Machmud al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Anti Lockdown, Bisnis Ganja di AS Tumbuh Pesat

1 April 2020   00:07 Diperbarui: 1 April 2020   00:59 145 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anti Lockdown, Bisnis Ganja di AS Tumbuh Pesat
Gambar ilustrasi. Sumber :sumber: wweek.com edisi 10/3/2020. Diedit oleh penulis

Amerika Serikat sebetulnya belum menerapkan lockdown total tapi baru menerapkan pembatasan-pembatasan semacam lockdown terbatas. Meski demikian dampak pembatasan-pembatasan tersebut menimbulkan persoalan yang sama seperti negara lain ketika memberlakukan lockdown parsial atau total.

Bentuk persoalan yang sama itu umumnya adalah bagaimana warga dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan normal tapi tidak menimbulkan "risiko" pada diri mereka atau tehadap orang lain. 

Terkait kebutuhan yang harus dipenuhi, kini ada kebutuhan tak terduga lainnya yang tiba-tiba sangat dibutuhkan warga AS sehingga kebutuhan tersebut masuk kategori "Paling Penting." Kebutuhan itu kini dijamin dan diizinkan pelayanannya secara terbuka di California AS dan negara bagian lainnya dan tidak berlaku larangan social distancing, tidak dibatasi jam pembeliannya. Benda atau kebutuhan itu aalah ganja atau Marijuana (MJ). 

Gavin Newsom, Gubernur California telah mengeluarkan pernyataan resmi pada 20 Maret 2020 lalu  bahwa MJ adalah masuk kategori kebutuhan yang penting untuk warganya.

Langkah Newsom bak gayung bersambut disambar oleh Gubernur Illinois, J.B Pritzker senada dan seirama memutuskan langkah tersebut sebagai kebutuhan yang sangat penting untuk warga Illinois.

Menanggapi "gong" yang ditabuh oleh Newsom, penasehat senior ganja dari kantor Bisnis dan Pertumbuhan Ekonomi California menegaskan bukan cuma ganja yang dilegalkan, tapi termasuk juga mata rantainya dari petani, distributor, pabrik dan laboratorium pengujian aneka produk ganja.(cuit..cuiiiit..!)

Sebelumnya, di California dan Illinois MJ hanya dilegalkan sebatas untuk bersenang-senang. Hingga akhir 2019, beberaapa negara bagian lain yang memboleh MJ untuk bersenang-senang adalah Oregon, Washington, Neada, Alaska, Colorado. dan Maine dan lain-lain. Sumber : Ini.

Terkait dengan Social Distancing  atau lockdown terbatas yang diterapkan di AS khususnya di California apa dan seberapa permintaan MJ khususnya dalam bulan Maret 2020?

Hasil penilitian yang dilaporkan Jane Wills kolomnis BBC pada 25/3/2020 membuktikan bahwa terjadi permintaan pesat MJ di AS selama berlakunya lockdown lokal atau terbatas. Penjualan ganja secara resmi telah booming di AS pada Maret 2020 dibandingkan bulan sebelumnya.

Masih menurut Jane, beberapa toko yang tutup akibat masuk dalam katagori larangan buka telah berganti usaha (sementara) menjadi toko pengantar ganja kepada konusmen. 

Steven DeAngelo salah satu "bapak" Industri ganja legal di California telah membuktikan semua kenyataan di atas. Dia memiliki 4 toko bisnis usahanya yang terintegrasi dengan rantai bisnis ganja di AS dan  diberi nama"Harbourside." 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN