Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Nama : Faisal Machmud al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Ternyata Pesona Ini Bikin Bos Garuda Indonesia Jadi Nekat

6 Desember 2019   14:45 Diperbarui: 7 Desember 2019   16:23 3477 17 3 Mohon Tunggu...
Ternyata Pesona Ini Bikin Bos Garuda Indonesia Jadi Nekat
1969 HARLEY-DAVIDSON ELECTRA GLIDE SHOVELHEAD FLH. Harga bekas di AS : 350 juta. Sumber gambar : Cycletrader.com

Penasaran dengan temuan Motor Gede (moge) Harley Davidson (HD) selundupan di dalam pesawat Garuda oleh pejabat Garuda Indonesia

Penulis ingin tahu apa kira-kira pesona moge itu hingga membuat petinggi BUMN sekelas Dirut Garuda Indonesia begitu dahsyat terpesona pada si bongsor itu hingga "rela" mengorbankan karirnya?

Berbekal pada informasi jenis dan tipe moge HD yang telah diketahui secara umum yakni tipe Electra Glide Shovelhead jenis klasik buatan tahun 1969 dan gambar jenis moge tersebut,  penulis coba "keliling" cari informasi lebih jauh tentang sosok moge tersebut. Dari sana penulis dapatkan beberapa informasi (mungkin) menarik.

Salah satu informasi tentang proses pembelian moge tersebut adalah melalui Ebay sebagaimana disebutkan dalam penjelasan pembelian kepada pemeriksa DJBC bahwa moge tersebut dibeli melalui Ebay sejak 2018. 

Ternyata di ebay animo orang menjual moge jenis HD tersebut tidak banyak. Saat situs dibuka pada 6/12/2019 hanya ada 2 persediaan saja pada situs jasa jual beli mirip OLX tersebut saat ini. Dua model itupun adalah tipe berbeda dengan moge milik pejabat Garuda Indonesia. Lihat di sini.

Akan tetapi di Cycle Trader salah satu situs agen penjualan moge klasik di AS kita dapat melihat banyak model dan pilihan. Harganya pun sesuai aneka tipe atau jenis moge HD. 

Dari sini kita temukan tipe HD mirip punya pejabat Garuda tersebut dijual dengan harga di AS 24.995 USD atau hampir 25 ribu USD. Jika dikonversikan dalam rupiah (tentunya sebelum pajak dan bea masuk dan lain-lain) kira-kira setara dengan 350 juta rupiah.

Sumber : Cycletrader.com dan Bikez.com
Sumber : Cycletrader.com dan Bikez.com
Jika dibandingkan dengan merek Honda dengan CC yang (nyaris) sama ternyata HD buatan 1969 itu jauh lebih tinggi harganya. Harga Honda CB 1300 Super Bol D'OR SP terkini berdasarkan sumber ini  dibandrol 1.959.120 Yen  (USD 18.024). 

Meskipun memiliki kapasitas silinder  yang hampir sama tapi harga HD Electra Glide Shovelhead hampir 25 ribu USD, jadi lebih mahal di atas Honda CB 1300 tahun 2019.

Dibanding HD Electra, Honda CB 1300 tahun 2019 unggul dalam disain, tampilan dan trek balapan. Sementara HD 1969 unggul dalam biaya perawatan, kemampuan off road dan touring serta rendah kecelakaan. Kelebihan masing-masing lainnya dapat dilihat lebih lengkap di : Bikez.com. Mungkin pesona ini yang menghipnotis pejabat Garuda Indonesia.

Beberapa moge HD tahun tinggi lainnya juga masih lebih murah dibandingkan Electra Glide jadul tersebut. Sebut saja HD 2020 HARLEY-DAVIDSON ROAD GLIDE malah dibandrol cuma 21.995 USD. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN