Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Nama : Faisal Machmud al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Kerja Sama Tank Kaplan MT Jalan Menanjak Lawan Korupsi Militer

16 Juni 2019   09:02 Diperbarui: 23 Juni 2019   22:21 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kerja Sama Tank Kaplan MT Jalan Menanjak Lawan Korupsi Militer
Tank KPALAN MT. Sumber defpost.com

Salah satu portal berita militer dan pertahanan Bulgaria, di sini beberapa waktu lalu melansir informasi tentang proses pembelian 18 - 20 tank kelas menengah, Modern Medium Weight Tank (MMWT)  yang disebut "KAPLAN" buatan Turki yang berarti The Tiger atau "Harimau" dalam bahasa Indonesia dengan nilai kontrak $135 juta USD. 

Informasi tersebut diatas dirilis pada 14 April 2019 lalu sesungguhnya katagori berita lama, akan tetapi menjadi "hangat" karena ada beberapa hal yang menjadi topik menarik dalam artikel berikut ini.

Sesungguhnya kontrak kerjasama dalam pengadaan Tank Kaplan MT antara pemerintah (militer) Indonesia dengan Turki mungkin telah terjadi sebelum IDEF di Instanbul Turki digelar pada 9-12 Mei 2017 (pameran militer terbesar dunia sejak 1993). 

Dalam pameran itu salah satu industri militer terkenal di  Golbasy, Ankara Turki yaitu FNSS (FNSS Savunma Sistemleri) menggelar beberapa produk andalan mereka.

Meskipun FNSS bukan merupakan indusrtri pertahanan terbesar di Turki tapi melihat pada reputasi perusahaan yang telah menghasilkan 4000-an produk dan telah diekspor ke sejumlah negara dalam berbagai jenis dan tipe kendaraan tempur tampaknya produk FNSS ini tidak diragukan lagi kualitasnya. Hal ini sesuai dengan komitmen perusahaan tersebut memberi nilai tambah serta melindungi kepentingan pengguna produk-produk inovatif mereka.

Sesuai dengan bentuk kerjasama yang saling menguntungkan Indonesia (dalam hal ini PT PINDAD) telah melakukan serangkaian test ujicoba ketahanan dan akurasi kendaraan tempur ini, hasilnya -menurut PT. PINDAD- memuaskan sehingga meneruskan rencana pembelian massal yang diproduksi di Indonesia.

Masih menurut sumber Bulgaria di atas menyebutkan Indonesia akan memesan hingga 40 tank KAPLAN (tahap pertama) dari total yang direncanakan 400 unit. 

Apa dan bagaimana spesifikasi Tank kolaborasi Indonesia- Turki -  Bulgaria (khusus bagian Turret) ini mari kita lihat spesifikasi umumnya sebagai dari sumber di sini berikut :

Dokpri
Dokpri
  • Aksesories yang disandangnya antara lain meliputi : 
  • Sistem interkom kru nirkabel
  • Sistem navigasi
  • BMS (sistem Manajemen Medan Perang)
  • Sistem peringatan laser
  • Sistem perlindungan CBRN
  • Sistem pemadam api otomatis
  • Unit daya Auxiliray
  • Kontrol firinf yang terkomputerisasi
  • Pemandangan panoramik

Akseseoris utama Kaplan juga bisa dibanggakan untuk kelas MT. Sistem kontrol kebakaran, sistem C3I, sistem peringatan laser, sistem identifikasi target medan perang, perlindungan CBRN, sistem pemadam kebakaran dan pencegah ledakan, sistem kemampuan monitor situasional 360 derajat dan melaju cepat memang salah satu tuntutan mobilitas perang asimetris yang diperagakan pemegang proksi saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN