Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... Wiraswasta

Nama : Faisal Machmud al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Fitur QR BCA Berbeda dari yang Lain

22 Mei 2019   20:00 Diperbarui: 22 Mei 2019   20:13 0 3 1 Mohon Tunggu...
Fitur QR BCA Berbeda dari yang Lain
Scan dari Youtube : https: youtube.com/bca

Teknologi Quick Respons atau QR sebetulnya bukan sesuatu yang baru di Indonesia. Teknologi ini telah mulai akrab di telinga dan mata kita saat Kmpas memperkenalkan QR untuk mempermudah orang mengakses berita atau mengirimkan opini surat kabar melalui smart phone. Jika tak salah ketika itu pertama sekali Kompas memperkenalkan teknologi itu hampir 10 tahun lalu, beberapa hari menjelang ultah Kompas ke 44 pada 28 Juni 2009.

Saat itu kita diperkenalkan cara menggunakan teknologi setiap hari di harian Kompas muncul kode dan cara penggunanannya. Kemudian di Kompas.com juga muncul hal yang sama mengajari kita menggunakannya.

Tidak berapa lama setelah itu teknologi yang sesungguhnya telah mulai dikenal di Jepang pada 1994 mulai merambah dunia perbankan di Indonesia. Tercatat Master Card Indonesia pertama sekali memperkenalkan teknologi tersebut untuk memberi solosi pada nasabah di pedalaman yang belum terjangkau oleh mesin Elictronic Data Capture atau EDC yang disebut "QR Payment."

Kemudian teknologinya terus disempurnkan lebih praktis dari awalnya sehingga pada 2018 diadopsi oleh 4 Bank besar Nasional, salah satunya adalah Bank Central Asia  Tbk. Bahkan BCA memberi sentuhan dan nuansa lebih istimewa pada teknologi QR BCA dalam sentuhan 2 fiture sekaligus yaitu QRku (melalui Mobil BCA) dan Sakuku (yang teringtegarasi dalam Mobil BCA atau aplikasi yang terpisah). Keduanya memberi kemudahan dalam mengirim uang atau transfer tanpa.

Kedua fiture tersebut dapat digunakan untuk transfer uang ke sama pengguna pengguna mobil BCA. Bagi pengguna mobil BCA tinggal update saja tanpa harus mendownload Sakuku lagi karena di dalam aplikasi Mobil BCA sudah terintegrasi fitur Sakuku Plus.

Kalau begitu buat apa BCA pakai 2 fitur dalam 1 aplikasi. Tentu saja ada perbedaannya, antara lain (beberapa penulis ketahui saja) adalah :

  • QRku  bisa kirim uang (transfer) tanpa menulis nomor rekening. Selain itu bisa juga transfer tanpa mengisi PIN lagi meski jumlahnya dibatasi cuma maksimal Rp 1 juta dan minimal Rp 1.- Sedangkan Sakuku minimal transfer Rp 5.000.- dan wajib isi PIN dan nomor rekening.
  • Kode QR tidak berubah jika kita mengubah nomor Handphone, sedangkan pada Sakuku kode QR bisa berubah jika mengganti nomor Handphone.
  • QRku bisa transfer minimal Rp 1,- (satu rupiah) saja, sedangkan Sakuku paling minimal Rp 5.000.- 
  • Biaya transaksi di QRku gratis alias free, sedangkan Sakuku dikenai biaya admin sesuai dengan dengan ketentuan pemakaian Sakuku dalam layanan BCA.
  • Pengguna QRku dikenai bunga sedangkan pengguna Sakuku tidak dikenakan bunga dalam saldonya.
  • Saldo pengguna QRku tidak terbatas, sedangkan saldo pengguna Sakuku biasa Rp 2.000.000 dan Sakuku Plus dibatasi maksimal Rp 10.000.000.-
  • Kelompok generasi Z pada umumnya memilih Sakuku atau Sakuku Plus sedangkan generasi Y, X dan Baby Boomer memilih Mobil BCA dengan segudang fitures nya.

Masih banyak perbedaan lainnya yang terlalu panjang untuk diurai satu persatu untuk membedakan kedua fiture tersebut. Akan tetapi persamaannya adalah menghadirkan teknologi anti ribet kebutuhan generasi masa kini, trend anak muda terutama pada kelompok generasi Z yang pada umumnya menuntut kebutuhan serba cepat dan instan namun aman dan efisien.

Demikian rekan pembaca budiman sekilas tentang Teknologi - Aplikasi dan Fitur QR BCA yang telah memberi jawaban atau solusi guna memenuhi tuntutan jaman #anti ribet yang tidak dapat ditutupi lagi dengan pelayanan seadanya dalam dunia keuangan dan perbankan.

Sudahkah Anda menggunakan fitur tersebut dalam aplikasi Mobil BCA Anda? Jika belum segeralah ke ATM BCA atau ke kantor cabang BCA terdekat agar dibantu cara membuat dan penggunaannya.

Selamat mencoba.