Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Nama : Faisal Machmud al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

SAA Taklukan ISIS Seluruh Suriah, Buka Jalan Rekonsiliasi

6 September 2017   11:46 Diperbarui: 6 September 2017   11:55 0 0 0 Mohon Tunggu...
SAA Taklukan ISIS Seluruh Suriah, Buka Jalan Rekonsiliasi
limacharlienews.com

Sebagaimana telah dilaporkan pada tulisan sebelumnya, kota Deir Ezzor diprediksi akan dapat dibebaskan dari blokade (kepungan ISIS) oleh pasukan pemerintah Suriah (The Syrian Arab Army)SAA dalam minggu ini terbukti adanya.

Sejumlah satuan dan unit tempur telah dikerahkan besar-besaran untuk menggempur ISIS yang berusaha mempertahankan benteng akhir paling strategis dan ekonomis mereka, sekaligus menjadikan kawasan padang pasir antara Al-Sukhnah dan Deir Ezzor tepatnya antara desa Dulayiyat dengan desa Al-Sarayim sebagai"kuburan massal' untuk pasukan Arab Suriah (SAA) pro pemerintah Bashar al-Assad.

Sebanyak 14 kendaraan bom bunuh diri atau SVBIED (Suicide Vehicle-Borne Improvised Explosive Device) berpeledak 300kg, dilengkapi tanki bahan bakar 200 liter (disetiap SVBIED) telah disiapkan ISIS menjadi gambaran mengapa kawasan itu disebut sebagai jebakan kuburan massal bagi SAA. Meski demikian, 12 SVBIED berhasil dijinakkan namun dua SVBIED's berhasil menelan korban besar di pihak SAA. syria.liveuamap.com.

Pukul 18.05 WIB atau 14.05 waktu Suriah, blokade 3 tahun lebih ISIS terhadap kota Deir Ezzor berhasil diputuskan untuk pertama kali setelah kota itu dikepung total ISIS pernah terpisah jauh --hampir 300 km-- dari kota Al-Qaryatan kawasan terdekat penguasaan SAA sekitar Homs dengan Deir Ezzor tiga tahun lalu.

Dua hari sebelumnya, Gubernur DeZ melalui kontak kominikasi dengan pusat komando SGR atau Syrian Republican Guard atau dikenal juga sebagai The Presidential Guard (paspampres) mendapat informasi akurat dari Jendral Issam Zahreddine bahwa pasukan SAA akan tiba kurang dari 48 jam untuk melepaskan kepungan 3 tahun terhadap kota DeZ .

Upaya memutus kepungan (blokade) ISIS dilaksanakan dari luar kota Al-Sukhnah dalam beberapa tahap melibatkan pasukan SAA dan aliansinya menggunakan aneka jenis senjata dari senapan serbu, senapan mesin, mortar, howitzer, TOW/ATGM, Tank, Manpad, MILRS hingga misil, Helikopter serbu dan tentu saja pesawat tempur. Bahkan untuk memperkuat dalam aksi kali ini angkatan laut Rusia meluncurkan dua misil penjelajah, Caliber Missile dari frigate "Admiral Essen," dekat pelabuhan Tartus.

Senin 4 September 2016, dari luar kota Al-Sukhnah, pertama sekali serangan dibuka oleh AD SAA dan aliansinya. Sejumlah tank tempur maju hingga mencapai ke sejumlah desa 10 km di luar kota Deir Ezzor.

Tahap ke dua, sejumlah tank ditarik mundur digantikan oleh operasi Helikopter lokasi pertahanan ISIS secara bertahap.

Tahap ke tiga, sejumlah pesawat tempur Rusia dan Suriah melaksanakan misi serangan udara ke sejumlah terowongan dan sistim pertahanan udara ISIS membuat ISIS berlindung dalam bunker perlindungan lebih kuat di dalam tanah.

Tahap ke tiga, angkatan laut Rusia meluncurkan misil jelajah "Caliber/Kalibri" terhadap dua lokasi terpisah, masing - msaing satu di bunker persembunyian ISIS dan satu lagi di lokasi bunker logistik amunisi ISIS di desa Al-Sholah 30 km dari Deir Ezor.

Setelah 3 tahap serangan pembuka diperkirakan cukup pasukan kavaleri dan invantri kembali diterjuankan dengan dukungan helikopter tempur Rusia yang mendapat informasi akurat tempat tempat persembunyian dan terowongan sisa-sisa kekuatan ISIS.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3