Mohon tunggu...
Abah Kabayan
Abah Kabayan Mohon Tunggu...

Wong cilik yang bukan penggemar hoak

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Lahirnya 4 Unicorn Indonesia, Bukti Jokowi Peduli pada Kreativitas Generasi Milenial

3 Maret 2019   19:42 Diperbarui: 3 Maret 2019   19:53 0 0 0 Mohon Tunggu...
Lahirnya 4 Unicorn Indonesia, Bukti Jokowi Peduli pada Kreativitas Generasi Milenial
Acara Bincang Milenial Arus Bawah Jokowi di Lampung. Foto dok.pribadi

Arus Bawah Jokowi (ABJ) Provinsi Lampung menggelar Bincang Milenial. Tema yang dibahas dalam bincang milenial yang diinisiasi ABJ Provinsi Lampung tentang kekuatan Unicorn Indonesia di era Jokowi. Acara bincang milenial yang digelar di The Diggers Cafe Bandar Lampung menghadirkan Sekjen PDIP yang juga Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto dan Ketua Umum ABJ Michael Umbas. Sebanyak 200-an anak muda hadir di acara tersebut.

Dalam paparannya, Hasto mengatakan, bahwa Presiden Jokowi sangat menaruh perhatian serius kepada kreativitas anak-anak muda di negeri ini. Khususnya kreativitas dari anak muda Lampung. Karenanya, berbagai kebijakan dilansir untuk mendukung berkembangnya kreativitas generasi muda. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, kreativitas anak milenial menjadi kekuatan dahsyat.

" Ini kan  sejalan dengan arah kebijakan Presiden Jokowi yang memberi akses infrastruktur kebijakan industri 4.0," kata Hasto, di Lampung, Minggu (3/3).

Suasana acara Bincang Milenial Arus Bawah Jokowi di Lampung
Suasana acara Bincang Milenial Arus Bawah Jokowi di Lampung
Salah satu kebijakan untuk mendukung tumbuh kembangnya kreativitas generasi milenial di era industri 4.0, adalah kata Hasto, dengan membangun konektivitas jaringan palapa ring. Pembangunan konektivitas jaringan Palapa Ring untukmeningkatkan kapasitas broadband. Khususnya untuk 4G dan teknologi lanjutan lainnya. " Dan, selama Pak Jokowi memimpin, hasilnya sudah terbukti," katanya.

Buktinya, lanjut Hasto, di era Jokowi,  pemerintah telah berhasil menciptakan empat unicorn. Bagi Hasto, ini  sebagai bukti kebijakan yang tepat pemerintahan Jokowi di era industri 4.0.  Dan, nanti di periode kedua kepemimpinannya, komitmen Jokowi memajukan potensi anak muda agar bisa eksis di era industri 4.0, akan lebih diperkuat.

" Oleh  karena itu, kepemimpinan Jokowi akan memperkuat pertumbuhan kualitas SDM sebagai langkah memperkuat penguasaan digitalisasi yang identik dengan internet of things, automatisasi, artificial intelegence dan lain-lain. Salah satu kebijakan riil selain pendidikan vokasi, yakni akan direalisasi KIP Kuliah untuk akses pendidikan yang lebih luas," ujarnya.

Suasana acara Bincang Milenial Arus Bawah Jokowi di Lampung
Suasana acara Bincang Milenial Arus Bawah Jokowi di Lampung
Di acara yang sama, Michael Umbas Ketua Umum ABJ yang juga Wakil Kepala Rumah Aspirasi 01 TKN Jokowi-Amin mengatakan pihaknya memberikan perhatian kepada kaum milenial untuk bisa menumbuh kembangkan kreativitasnya. Umbas mengingat, tongkat estafet sejarah dipegang anak muda. Karena itu sangat penting mendukung anak muda bisa berkreativitas dengan baik.

" Kreativitas generasi  milenial ini sangat strategis dan penting. Mereka adalah potensi penggerak ekonomi baru dengan platform digital yang akan menjadi model ekonomi masa depan Indonesia," kata Umbas.

Ia contohkan, tumbuhnya empat unicorn baru asli Indonesia yakni Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia dan Traveloka adalah bukti, kreativitas dan inovasi anak milenial didukung pemerintah. Dan ini torehan prestasi yang fenomenal. Ia yakin, ini akan mengelevasi startup-starup baru.

" Ini juga bukti pemerintahan Jokowi menunjukkan keberpihakan yang kuat kepada industri 4.0 karena juga bersinggungan dengan ekonomi kerakyatan, seperti pertanian, nelayan, UKM, industri kecil, kuliner, dan bukan hanya industri skala besar saja," katanya.

Sementara Evi Kristianingsih mewakili milenial Lampung mengapresiasi  pemerintahan Jokowi yang pro generasi milenial. Berbagai kebijakan yang dikeluarkan menjadi bukti nyata, jika di era Jokowi, potensi generasi milenial tak diabaikan. Justru didukung penuh.

" Saya berharap selain trend digitalisasi sebagai bagian yang identik dengan milenial, saya juga berharap ada terobosan untiky mengakomodir kaum muda yang bergerak di lini kebudayaan dan aktivitas sosial kemasyarakatan lainnya," kata Evi.

Selain diskusi, acara Bincang milenial juga diramaikan dengan aneka hiburan khas generasi milenial seperti musik akustik, modern dance, flashmob dan standup comedy.