Mohon tunggu...
Aan Rofiq
Aan Rofiq Mohon Tunggu... Sembarang

Nice to meet you :)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Penanaman Literasi pada Era Industri 4.0

14 Februari 2020   20:49 Diperbarui: 14 Februari 2020   20:50 13 0 0 Mohon Tunggu...

[I0119120] Muhammad Rofiq Sulthon Annasir  Mahasiswa S1 Teknik Sipil (https://sipil.ft.uns.ac.id/) Fakultas Teknik (https://ft.uns.ac.id/) Universitas Sebelas Maret Surakata (https://uns.ac.id). 

A. Latar Belakang

Literasi dapat dipahami istilah umum yang merujuk kepada kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. Penguasaan literasi merupakan indikator penting untuk memajukan prestasi generasi muda bangsa dalam mencapai kesuksesan. Penanaman literasi sejak dini mungkin harus disadari karena hal tersebut modal utama dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya. 

Dalam era industri 4.0, kemampuan literasi sangatlah diperlukan untuk mendalami informasi yang diperoleh agar tidak termakan oleh berita palsu atau hoax dan menghasilkan sesuatu yang berkualitas dari proses literasi tersebut. Permasalahan yang dihadapi Indonesia adalah rendahnya penguasaan literasi yang dibuktikan melalui survei Programme for International Student Assessment (PISA). Survei menunjukkan Indonesia berada di posisi 60 dari 61 negara dalam penguasaan literasi. 

Menyikapi hal tersebut, UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kelas literasi informasi yang bertema How to Access e-Resources (e-Journal, e-Book, Digital Library, etc.) di Ruang Werkudara Perpustakaan UNS pada Kamis (6/2/2020). (https://uns.ac.id/id/uns-update/upt-perpustakaan-uns-gelar-kelas-literasi-informasi.html)

B. Tujuan 

Membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil informasi, meninkatkan pemahaman tentang pentingnya literasi kepada semua orang agar literasi menjadi budaya dalam diri masing-masing individu, dan Mendapat berbagai wawasan dan informasi baru. (https://uns.ac.id/id/uns-update/upt-perpustakaan-uns-gelar-kelas-literasi-informasi.html)

C. Pembahasan

Hal yang palng utama dalam rangka untuk memberikan pemahaman pentingnya literasi adalah membuat orang itu tertarik betapa bermanfaat dan mengasyikkan literasi tersebut. Bisa bermacam-macam caranya, salah satunya adalah untuk membuat sebuah jurnal. "Akses jurnal itu menjadi penting karena apa, karena kecenderungan karya ilmiah sekarang itu kan di e-journal ya. 

E-book, e-journal meski pun yang buku hard itu sampai sekarang belum bisa ditinggalkan tetapi orientasinya itu kan ke e-book dan e-journal, untuk itu mahasiswa harus mahir betul secara teknis, prosedur bagaimana bisa mengakses e-book atau e-journal itu secara cepat, tepat, dan akurat. Kalau tidak ada workshop misalnya, itu kadang-kadang mahasiswa hanya trial and error," ujar Burhanudin, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. (https://uns.ac.id/id/uns-update/upt-perpustakaan-uns-gelar-kelas-literasi-informasi.html)

Kemudian dengan cara menarik lainnya, yaitu memberikan pengetahuan sejarah manusia zaman dulu. Ketika abad pencerahan atau Rennaissance, bangsa eropa menyadari bahwa mereka telah tenggelam dalam ketidaktahuan yang gelap gulita. Periode ini juga juga membuka wawasan mereka akan dunia eksplorasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x