Aan Ridwan
Aan Ridwan Freelance

Menulis adalah melawan

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

3 Kemudahan Bayar Pajak Motor di Samsat Outlet Ladies

30 September 2018   07:36 Diperbarui: 4 Oktober 2018   09:20 259 1 0
3 Kemudahan Bayar Pajak Motor di Samsat Outlet Ladies
Dok.Pri

Setiap manusia pasti ingin hidupnya mudah, enak dan sesuai harapan. Tapi terkadang sebagian keinginan kita bertolak belakang dengan kenyataan.

Itulah dinamika hidup. Kalau semua keinginan terpenuhi, bagaimana kita bisa belajar tentang makna hidup?

Akan tetapi, hari ini ada yang sedikit berbeda dengan hidup Saya. Harapan saya hari ini malahan bukan tentang ingin hidup mudah, tapi saya sudah siap mental dengan hidup sulit dan terkesan dipersulit.

Ya betul, Karena berdasarkan pengalaman, Saya sudah terlalu sering dikecewakan oleh orang-orang berbaju rapih dan jarang senyum itu. 

Mereka adalah orang-orang birokrasi yang katanya memiliki tingkat profesionalisme dan integritas yang tinggi. 

Ceritanya hari ini Saya seperti berperan sebagai tukang biro jasa yang bertugas membayar pajak atau memperpanjang STNK milik orang lain.

Saya di-hire oleh Bos Saya untuk mengurus Pajak Kendaraan bermotor (PKB) miliknya. Kebetulan hari ini adalah batas terakhir perpanjangan STNK tahunan jika tidak ingin kena biaya denda karena terlambat. 

Sebagai anak rantau, tentu Saya senang dan bersyukur kepada Tuhan. Karena ada pekerjaan yang halal dan sedikit income untuk sekedar bertahan hidup di akhir bulan. 

Tetapi sebagai manusia biasa yang memiliki emosional dan rekam jejak di memory internalnya. Terkadang kita sudah bersikap kesal duluan kalau harus bertemu lagi dengan orang-orang birokrasi.

SAMSAT OUTLET LADIES (Selanjutnya saya sebut SAMSOUL) menjadi opsi terakhir Saya ketika hari sabtu untuk membayar pajak motor tahunan.

Awalnya, Saya kira SAMSOUL ini laki-laki. Eh bukan. Maksudnya itu tempat khusus bayar bayar pajak  untuk perempuan saja. baik warga yang mau bayar pajak maupun pelayannya.

Ternyata  dugaan Saya salah, setelah saya datang langsung ke SAMSAT OUTLET LADIES wilayah BANDUNG TIMUR bertempat di Jl. Cipadung No. 92  di kawasan Rukan Tritan Point. Pelayannya memang semua perempuan, mulai dari loket pendaftaran, pengesahan sampai loket pembayaran. Tetapi warga yang bayar ya boleh perempuan, boleh juga laki-laki. Gimana keinginan aja.

Berdasarkan pengalaman perdana saya bisa dikatakan Saya ini jatuh hati pada pandangan pertama sama si SAMSOUL. Inilah 3 kemudahan menurut pengalaman saya:

Pelayanan yang mudah
Biasanya kalau di samsat pusat, sebelum kita menyerahkan surat STNK asli dan KTP asli, harus direpotkan untuk foto copy dulu. Belum lagi tempat foto copy yang sangat ngantri. Dan ini yang bikin tambah emosi. 

Sedangkan di SAMSOUL ini, Cukup serahkan STNK motor dan KTP asli di loket pendaftaran, kamu langsung disuruh duduk manis di ruang tunggu. Ya, semanis para pelayan yang bekerja sepenuh hati sembari menunggu nomor antrian kamu.

Pelayanan yang cepat
Kalau di samsat pusat, biasanya orang berduyun-duyun dan terseok-seok untuk membayar pajak kendaran bermotor tahunan. Otomotis ngantri panjang seperti ular. Dan kerap saya lihat dan saya alami sendiri ketika sudah tiba nomor antrian, jam kerja sudah habis. Dengan wajah datarnya biasanya bilang begini petugasnya "Maaf Pak/Ibu, jam kerja sudah istirahat atau tutup, silahkan datang kesini besok lagi"

Dan rasanya ingin kubalas setimpal
"Besok lagi memang SAMSAT masih buka, tetapi hati saya sudah tertutup dengan wajah datarmu! Batinku kesal.

Nah, sedangkan di SAMSOUL ini, tidak mengantri panjang. Karena orangnya terbilang sedikit. Belum ada 5 menit, Saya sudah dipanggil di loket pembayaran. Setelah Saya bayar, petugas ladiesnya tidak lupa tersenyum sembari mengucapkan terima kasih. 

Pelayanan totalitas
Kalau di Samsat pusat, jam kerja hanya sampai senin-jumat. Kalau kamu orang sibuk, seperti PNS. Otomatis samsat pusat menjadi tempat pilihan terpaksa kan? Karena pasti mengganggu hari kerjamu yang sibuk itu.

Sedangkan di SAMSOUL, hari kerja mulai senin hingga sabtu. Kaya Guru loh. Meski hari sabtu, tetap totalitas melayani anak negeri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2