Mohon tunggu...
AANG JUMPUTRA
AANG JUMPUTRA Mohon Tunggu... Freelancer - Admin Social Media
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menyajikan konten yang cerdas, terupdate, dan terlengkap

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

SDM Unggul Sama dengan di Atas Berkualitas?

19 Agustus 2019   07:04 Diperbarui: 19 Agustus 2019   14:36 501
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tukiman Tarunasayoga (JC Tukiman Taruna)

Tukiman Tarunasayoga (JC Tukiman Taruna)

Pengajar Pascasarjana MK Community Development

Apakah SDM Unggul itu berarti rankingnya di atas SDM berkualitas? Pertanyaan ini pasti saat ini sedang banyak dipertanyakan oleh masyarakat, maka perlu dijadikan bahan diskusi agar semakin jelaslah maknanya. Seseorang atau sesuatu disebut unggul apabila ia melebihi lainnya, menang dalam bersaing,  bisa juga sebagai juara. 

Apakah orang/barang disebut unggul dengan sendirinya juga berkualitas? Jawabannya tunggu dulu: Siapa pesaingnya, atau dengan orang/barang seperti apa ia diperbandingkan? Kalau berkaitan dengan persaingan antar Negara: Ia dipersaingkan dengan orang/barang dari Negara mana?

Ketika saat ini "SDM Unggul"  sedang menjadi pembahasan di mana-mana, tentulah maksudnya SDM Indonesia harus menjadi lebih baik, bahkan menang atau pun juara dalam persaingan dengan SDM dari Negara mana pun, tanpa harus merinci nama Negara pesaing itu karena pada dasarnya wajar saja kalau SDM antarnegara itu berada dalam persaingan sehat.  

Dalam hal tertentu, bisa jadi SDM Indonesia "kalah" bersaing dari SDM Negara-negara ASEAN, tetapi dalam sejumlah hal lain, kita berani mengklaim SDM Indonesia jauh lebih unggul. Dalam hal apa saja SDM kita sudah lebih unggul dari SDM Negara lain?

Pertanyaan ini rasanya akan lebih mudah menjawabnya apabila beberapa telaah dalam TQM (Total Quality Management) "dipinjam" sebagai kunci jawabannya. 

Dalam TQM dibahas cukup luas terkait kualitas, seperti contohnya perspektif terhadap kualitas, dimensi kualitas, sejarah tentang kualitas, sumber kualitas, biaya kualitas, perilaku biaya kualitas, maupun pengukuran kualitas. Di antara telaah itu, mari kita pinjam dimensi kualitas untuk menjawab pertanyaan di atas tadi. 

Ada 8 (delapan) dimensi kualitas, yakni (1) kinerja, (2) ciri-ciri penunjang, (3) kehandalan, (4) kesesuaian dengan spesifikasinya, (5) daya tahan-banting, (6) ketepatan pelayanan, (7) daya tarik, dan (8) citra atau  reputasi.

Kinerja atau sering disebut dengan performance utamanya terkait dengan karakteristik personal. Seseorang mungkin dapat unggul ketika segala sesuatunya lengkap mendukung, tetapi bila  pendukung itu tidak ada, maka dia tidak bisa bekerja apa pun, apalagi unggul. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun