Mohon tunggu...
Aan DwiJayanti
Aan DwiJayanti Mohon Tunggu... Akuntan - Hidup adalah sebuah perjuangan.. Nikmati setiap proses yang kalian lalui.. Gagal bukan suatu halangan.. Berjuang berusaha dan jangan lupa berdoa

Mahasiswi universitas Nahdlatul Ulama Kalsel

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Gadis Desa Merantau ke Kota untuk Menuntut Ilmu

23 Januari 2020   06:09 Diperbarui: 23 Januari 2020   06:31 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkenalkan diri saya
Nama : Aan Dwi Jayanti
Umur : 19 Tahun
Kelahiran : Lamongan,  16 April 2000

Mengenai kehidupan saya..  Saya putri bungsu dari pasangan Jianto dan Tuyahmi..  Saya memiliki 1 kakak perempuan yg sudah bekeluarg dan memiliki 2 anak.

Profil keluarga saya..  Bapak dan ibu saya lahir di desa..  Dan saya sendiri juga lhir di desa..  Keluarga saya bukan keluarga menengah keatas..  Kami hanya org sederhana..  Bapak saya wiraswasta..  Yaitu membuat usaha sendiri "Pembuatan Bata Merah" di kabupaten Kotabaru kalimantan selatan..

Sekrng saya sudah duduk di bangku kukiah semester 3..  Bagi saya memang tidk mungkin saya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi..  Namun ternyata Allah memiliki jalan lain untuk saya..  

Memang sulit bagi saya untuk pertama kali saat saya hidup di kota..  Apalgi jauh dari orang tua..  Hidup di kota orang..  Penuh kebisingan dan kejahatan..  Org tua saya selalu beresan kepada saya terutama ibu saya "Nak,  hati" di kota sana, jauh dari rumah,  jangan mudah percaya dengan orang yg tidak dikenal,  jika tidk ada hal penting lebih baik tinggal di kos" salah satu pesan orang tua saya..

Wajar saja cemas karn memang kmi orng desa..  Bahkan di kampung saya tidk bnyak org melnjutkan keperguruan tinggi.. Untuk ini saya bekerja keras saya berusaha agat suatu saat nannti saya bisa membahagiakan kedua orang tua saya,  keluarga saya,  dan orang" terdekat saya..

Untuk kalian yg memang dari desa jangan berkecil hati dan minder..  Buang jauh" rasa itu..  Kita manusia dilahirkn mempunyai hak yang sama..  Semua orang trmasuk anak" membutuhkan pendidikan..  
Sesuai pepatah kerjarlah cita-cita sampai ke negeri cina...

Susahnya merantau ke kota demi menuntut ilmu adalah menahan rindu terhadap keluarga..  Apalgi seperti saya..  Memang benar adanya saya dri kampus tapi saya juga menyukai organisai"..  

Seperti saat di SMA banyak organisasi yg saya ikuti dan sekrng pun terjadi lagi saat saya kuliah di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan banyak organisasi yg saya ikuti..  Sehingaa banyak tanghung jawab yg saya bawa..  Hingga membuat saya menghabiskn banyak wktu dan sush untuk pulang kedesa bertemu keluarga..  

Baru saya alami kemaren sewaktu saya pulang ke desa selama 2 hari..  Dari 100% kerinduan mungkin hanya 0,sekian% rindu saya terobati..  Apalgi orang tua saya...  Memang berat rasanya.   Tapi,  ini adalah resiko yg harus kita ambil..  Tak ada hasim yg memuaskan tanpa perjuangan yg hebat..  

Semoga untuk para anak desa yg berjuang menuntut ilmu di kota orang..  Semoga kita sama" sukses dan selalu dalam Lindungan Allah swt..  Dan semoga keluarga kita selalu dalam kesehatan dan diliancarkan rezekinya..  Aminn


Jangan pernah putus asa..  Tetap jadi diri sendiri..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun