Mohon tunggu...
Aam Nurhasanah
Aam Nurhasanah Mohon Tunggu... Guru - Guru Berbagi dan Menginspirasi Negeri

Menjadi penulis adalah impiann.. Saya akan buktikan suatu saat nanti bisa mengukir sejarah lewat tulisan..

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Komunitas Blogger Lebak, Saba Baduy

25 Oktober 2021   15:51 Diperbarui: 25 Oktober 2021   15:57 171 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Komunitas Blogger Lebak atau disingkat KBL adalah salah satu Komunitas menulis yang menggunakan media blog sebagai ekspresi jati diri. Komunitas ini hadir menjawab tantangan Pak Supadilah, yang ingin menghimpun penulis blogger Lebak, supaya lebih bersinergi dalam menggaungkan Literasi di Lebak. Komunitas ini dibentuk pada tanggal 10 Agustus 2021 dan saya adalah foundernya. 

Hal pertama yang saya lakukan adalah membentuk grup KBL, mengundang teman-teman blogger Lebak, dan menjadikan admin sebagian anggota supaya bisa menambahkan teman-teman penulis Lebak, yang lebih dulu terjun dalam dunia literasi seperti Pak Asep Kurnia.

Pak Asep Kurnia(Askur) Kepsek SMPN 1 Bojongmanik Leuwidamar (Dokpri)
Pak Asep Kurnia(Askur) Kepsek SMPN 1 Bojongmanik Leuwidamar (Dokpri)

Sejak diundang ke dalam grup, Pak Asep Kurnia sering membuat tulisan Suku Baduy dengan segala kearifan lokalnya yang memikat dunia. Beliau mengundang dan menantang KBL untuk menulis tentang Baduy sebagai salah satu kearifan lokal  kebanggaan menjadi Warga Kabupaten Lebak. Secara sontak, kami menerima tantangan Pak Askur(baca:Asep Kurnia), tepatnya Rabu, 20 Oktober 2021.

Quotes Penyemangat Penulis dan Pemerhati Suku Baduy (Dokpri)
Quotes Penyemangat Penulis dan Pemerhati Suku Baduy (Dokpri)

Masa Depan Suku Baduy Karya Pak Asep Kurnia(Dokumenter  Warisan Suku Baduy dan tidak diperjual belikan) Dokpri
Masa Depan Suku Baduy Karya Pak Asep Kurnia(Dokumenter  Warisan Suku Baduy dan tidak diperjual belikan) Dokpri

Definisi Saba dalam KBBI adalah berkunjung atau mengunjungi suatu tempat. Saba Baduy artinya mengunjungi Suku Baduy. Sebelum berangkat, kami mendata siapa saja yang ikut. Ada 4 orang yang menggunakan sepeda motor antara lain Pak Dadang (alumni ketua BM 17), Pak Dian (peserta baru BM 21), Bu Pipit dan bebepnya (Pak Irfan). Saya, Bu Fitri, ikut mobil Ambu Tini dan yang menjadi juru kemudinya adalah suami ambu tercinta.


Suku Baduy adalah sebuah suku sunda asli

Jujur, ini adalah kali pertama saya menginjakkan kaki di Kp. Ciboleger, tempat kediaman Pak Askur dan tempat etnis Suku Baduy yang semakin viral dengan segudang daya tariknya. Kami berangkat pukul 08.00 WIB dan tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Sebelum kami berangkat ke Suku Baduy, Pak Asep memberikan suntikan motivasi, dengan memberikan buku "Masa Depan Suku Baduy."  Pak Askur tidak lupa memberikan quotes yang berbeda kepada saya dan 4 penulis blogger lainnya.

Pak Askur memberikan quotes, "BUKU ITU CERMINAN BERAPA BANYAK POTENSI DAN KOMPETENSI YANG DIMILIKI PENULIS." Quotes ini sangat menampar kedua pipi saya. Seakan diberi suntikan semangat yang berapi-api. Seakan memberikan harapan baru bahwa saya sudah berada di jalan yang benar dan tidak tersesat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan