Mohon tunggu...
Em Amir Nihat
Em Amir Nihat Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis Kecil-kecilan

Kunjungi saya di www.nihatera.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Tamu Misterius

4 Agustus 2022   09:06 Diperbarui: 4 Agustus 2022   09:12 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Suatu hari Hasanudin yang profesi sehari-hari sebagai buruh tani, sedang duduk di depan rumah. Tatapannya kosong. Merenung. Sedih. Usut punya usut ternyata sang istri sedang menderita sakit lumpuh karena hal itu pula Hasanudin kebingungan sebab biaya untuk berobat ke dokter pasti mahal. Sementara dia hanya berprofesi sebagai buruh tani. Gaji pun tidak tentu. Buat makan saja susah.

Tiba-tiba ada seorang laki -- laki yang datang ke rumahnya. Samar -- samar dari kejauhan. Semakin mendekat semakin jelas bahwa orang ini tidak dikenal oleh Hasanudin. Pakainnya rapi memakai setelan jas lengkap. Tanpa uluk salam orang ini langsung berbicara kepada Hasanudin.

"Mas Hasanudin. Menurut penuturan warga sekitar, istri sampean sedang sakit. Tetapi kenyataannya warga malah acuh tak acuh dan kurang peduli pada istri sampean. Padahal sampean ini orang miskin yang mestinya dibantu. Sebegitu apatisnya masyarakat. Tapi tenang Mas Hasanudin. Saya datang mengajukan kerja sama bisnis yang dengan bisnis ini kelak kita akan dapat uang yang banyak. Dengan begitu Mas Hasanudin bisa membayar untuk biaya pengobatan istri ke dokter yang sudah pasti mahal.  Tapi bisnis ini rahasia. Apakah sampean mau ?"

"Bisnis apa, Pak"

"Boleh masuk ke dalam rumah. Ini rahasia. Harus dibicarakan di dalam rumah. Sekalian saya mau menengok istri sampean."

"Boleh. Ayo masuk, Pak"

Tanpa berfikir panjang dan menaruh curiga , mungkin karena keadaan yang membuat hal itu. Hasanudin mempersilahkan tamu misteriusnya masuk ke rumah. Masuk ke kamar bagian dalam yang disana sedang berbaring istrinya yang sakit. Kemudian sang tamu misterius menengok istri Hasanudin yang sedang lumpuh. Menyemangati dan mendoakan. Lalu mereka berdua kembali lagi ke ruang tamu.

"Jadi bisnis apa yang bapak tawarkan."

"Bisnis Youtuber, Mas Hasanudin."

"Hahaha. Jangan bermimpi Pak. Aneh.  Saya tidak punya keahlian apa- apa Pak. Cuma buruh tani. Gak mungkin saya seperti Deddy Corbuzah, Attha HaliHali, atau Ria Resiah. Youtuber yang terkenal itu. Kalau bapak main-main akan saya hajar! Saya sudah menderita, Pak. Jangan buat lelucon!"

"Justru itu. Saya serius mas. Saya menawarkan kerjasama bikin konten youtube. Tapi saya jamin kita akan sukses  Mas Hasanudin. Kita akan bikin konten kesaktian. Bikin konten tentang hal -- hal ghaib. Ilmu santet, ilmu pelet, dll pokoknya hal yang berbau ghaib entah itu penampakan setan misalnya pocong, genderuwo, kuntilanak, tuyul dll."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun