Mohon tunggu...
Em Amir Nihat
Em Amir Nihat Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis Kecil-kecilan

Kunjungi saya di www.nihatera.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengapa Sholat Diawali dengan Ucapan "Allahuakbar"?

27 Juni 2022   20:25 Diperbarui: 27 Juni 2022   20:51 46 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat kita sholat diawali dengan ucapan kalimat takbirotulihrom yakni "Allahuakbar" sambil dibarengi niat sholat dalam hati. Ini menunjukan bahwa hanya Allah yang akbar sedangkan yang lain pasti lemah dan rusak. 

Hanya Allah yang Maha Besar yang menciptakan jagad alam raya yang begitu besar, bahkan jika diteorikan bumi ini hanyalah debu di jagad semesta raya ini sehingga manusia sangat tidak pantas untuk menyombongkan dirinya karena manusia begitu lemah. 

Sangat kecil. Betapa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Allah Maha Besar. Ini mestinya membuat kita menjadi semakin rendah hati dan tawadhu karena kita bukanlah apa-apa di alam semesta ini. 

Kalimat "Allahuakbar" juga menunjukan bahwa kita menghadap Allah tidak membawa identitas keduniawian  kita. 

Yang kita bawa adalah identitas bahwa kita  hamba Allah sehingga apapun yang melekat di hidup kita entah itu harta,  jabatan,  kekuasaan, ilmu, dsb itu semua adalah anugerah dan pemberian dari Allah sehingga sangat tidak pantas kita menghadap Allah dengan membawa identitas keduniawian kita. 

Artinya  sholat  menyadarkan kita bahwa hakikat yang penting hanyalah Allah dan hakikat identitas kita adalah Hamba Allah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan