Mohon tunggu...
Em Amir Nihat
Em Amir Nihat Mohon Tunggu... Penulis Kecil-kecilan

Kunjungi saya di www.nihatera.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Meminjam Mulut Orang Lain

16 Juni 2021   13:40 Diperbarui: 16 Juni 2021   13:55 8 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam suatu kehidupan bebyaran antar manusia pasti ada saja slip, ketidakcocokan, pengin memberi kritik dan saran  pada orang lain. Bisa di urusan pekerjaan, srawung antar manusia, dll

Problemnya muncul saat sulitnya mencari kata -- kata yang pas untuk diutarakan kepada target kritik. Kita tidak enakan. Kita takut si penerima kritik akan marah pada kita sehingga kita memendam itu di dalam hati dan dongkol. Kalau muatannya kebencian maka akan dijadikan bahan ghibah kepada orang lain. Padahal kan kritik harus tepat saran supaya tidak jadi ghibah.

Saya baru-baru ini menemukan teori bagaimana supaya kita bisa mengkritik tanpa yang dikritik akan marah pada kita.

Suatu hari di urusan pekerjaan, ada temen saya yang curhat bahwa Si B kalau selesai pekerjaan tidak membuang sisa material yang tidak terpakai. Ia pengin komplain tapi tidak enak. Takut  Si B marah kalau dikomplain. Akhirnya, ia menyuruh saya menyampaikan kritikannya kepada Si B. Saya pun sampaikan bahwa ada seseorang yang komplain supaya kalau selesai pekerjaan tolong material sisanya dibuang. Si B yang juga temen saya pun menerima ucapan saya. Ia kini setiap selesai pekerjaan, selalu membuang material sisa.

Pelajaran yang bisa diambil adalah jika kita ingin memberikan kritik atau saran tapi susah mengungkapkannya karena takut dia marah dan tersinggung maka minta tolonglah pada orang lain untuk mengutarakan kritik dan saran dari kita. Itu lebih baik karena pasti menyelesaikan masalah. Berbeda jika tujuannya memang ketidaksukaan dan benci pasti tidak ada niat mengkritik padanya dan kesalahan itu malah dijadikan bahan amunisi untuk ghibah. Pengkritik ingin yang dikritik berbenah diri sedangkan ghibah hanya fokus pada kesalahan tanpa punya keinginan yang dikritik berbenah diri. Siap pinjam mulut orang lain?

VIDEO PILIHAN