Aamir Darwis
Aamir Darwis

Kunjungi saya di www.aamirdarwis.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Pentingnya "Safety Riding" buat Pengendara Sepeda Motor

19 Januari 2018   19:02 Diperbarui: 19 Januari 2018   19:31 2885 0 0

Tulisan ini didasari atas keprihatinan penulis melihat fenomena yang terjadi di jalanan. Orang bebas naik motor secara ugal-ugalan tanpa pernah membayangkan kalau jatuh sakit atau tidak. 

Atau mungkin menyangka punya lebih dari satu nyawa sehingga untuk masalah keamananpun sering kali kita lupakan atau malah cenderung terbebani.

Penulis mengajak untuk bersama-sama saling mengingatkan tentang keamanan di jalanan. Ini penting sekali sebab ada saja yang acuh tak acuh dengan problem ini. Meskipun juga kalau pas jatuh atau tersrempetatau tertabrak baru merasakan sakitnya. Pertanyaannya, apakah kita harus menunggu tertabrak dulu baru sadar pentingnya keamanan / safety riding? Apakah kita harus menunggu kepala bocor dulu baru sadar pentingnya memakai helm?

Problem yang lucu adalah masalah tilangan polisi. Apakah gara-gara ada polisi kita baru mau menggunakan alat keamanan seperti helm? Sebenarnya alat keamanan yang kita gunakan untuk diri kita atau untuk Pak Polisi. Penulis tidak akan membahas tentang tilangan yang kalau menurut arus bawah cenderung bernada negatif thingking belaka. 

Tetapi terlepas dari penilaian tersebut, nyatanya ada kemauan yang dipaksakan dalam menggunakan alat keamanan / safety riding. Dan penulis sekarang mengajak untuk supaya kemauan memakai alat keamanan bukan atas dasar paksaan atau terpaksa melainkan wujud sadar diri bahwa butuh yang namanya alat keamanan. 

Alat keamanan juga wujud tawakal dan waspada terhadap apa yang akan terjadi, meskipun kecelakaan tidak bisa diprediksi tetapi setidaknya kita mengurangi celah bahaya apa yang akan menimpa kita. Dan itulah gunanya alat keamanan / safety riding.

Himbauan dibawah ini ditujukan untuk kita semua yang sadar pentingnya alat keamanan dan masih sayang dengan nyawa sendiri :

  • Gunakanlah helm yang standard dan pastikan kunci tali helm terpasang dengan benar. Memakai helm tetapi talinya tidak perpasang dengan benar semacam aksesoris pelengkap saja yang tidak ada artinya sebab saat terjadi bahaya, helm akan mudah terlepas dari kepala kita
  • Untuk keselamatan nyalakan lampu meskipun siang hari. Ini penting sebab dengan adanya lampu kita seperti memberi tanda pengendara yang berlawanan arah dengan kita bahwa ada kita dijalanan itu.
  • Lengkapilah spion, lampu sen, serta surat-surat kendaraan supaya berkendara anda aman tanpa gangguan ketakutan akan ditilang
  • Jangan berkendara dengan posisi zig-zag karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Jangan ngerem mendadak sebab bahaya rem mendadak adalah pengendara dibelakang kita kurang sigap jika kita akan belok. Nyalakan lampu sen belok jangan pas dibelokannnya tetapi sebelum akan berbelok.
  • Patuhi rambu-rambu lalulintas. Kita salah kaprah menilai bahwa malah terbebani dengan adanya rambu-rambu lalulintas padahal rambu-rambu itu dibuat untuk kita supaya selamat dan aman dalam berkendara. Semoga kita bisa mematuhi rambu-rambu lalulintas dan sadar bahwa rambu-rambu tersebut buat keselamatan kita
  • Kontrol kecepatan dengan baik dan jaga jarak aman dalam berkendara
  • Jadilah pelopor keselamatan dalam berlalulintas, saling mengingatkan akan pentingnya alat-alat keamanan kepada keluarga, sesama teman, suadara dan orang lain

Dan yang tidak kalah penting juga sebenarnya ada prinsip 4 sehat 5 selamat :

  1. Sehat jasmani dan rohani,
  2. Sehat kendaraannya,
  3. Sehat peralatan keamanannya,
  4. Sehat berbudaya aman dalam berkendara
  5. Biasakan berdo'a sebelum berangkat maupun pulang supaya selamat. Pastikan prinsip itu semuanya ok, dicek dan ricek supaya persiapan kita mantap dan matang. Sehingga kita sudah keren dan berkualitas dalam berkendara.

Mari beritahu dan sharing ke sesama teman akan pentingnya safety riding.