Mohon tunggu...
Arya Jun
Arya Jun Mohon Tunggu... -

Pembicara Motivator TERGILA no.1 di ASIA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cara Mempersiapkan Sebuah Seminar

19 Februari 2018   02:15 Diperbarui: 19 Februari 2018   02:43 13275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Seminar, Training, Pelatihan, Workshop dan Talkshow merupakan suatu aktifitas rutin yang harus dijalankan oleh perusahaan agar perkembangan bisnisnya meningkat melalui sumber daya manusia yang berkualitas.

Nah...

Seringkali anda sebagai pemilik perusahaan, pimpinan perusahaan atau divisi HRD bingung dalam MEMPERSIAPKAN SEMINAR yang cocok untuk perusahaan anda.

Berikut adalah panduan bagaimana anda bisa MEMPERSIAPKAN SEMINAR yang baik dan bisa menghasilkan efek yang luar biasa.

PESERTA

  • Anda pastikan dahulu untuk siapa seminar itu diadakan ?
  • Aapakah untuk level staff, middle management, top managament atau secara general ( keseluruhan ).
  • Hal ini penting karena untuk bisa mencari sosok PEMBICARA SEMINAR yang tepat dalam " berkomunikasi " secara massal dengan pesertanya.

TEMA

  • Hal pertama anda melakukan NEED ANALYSIS alias mengenali masalah apa yang terjadi dalam perusahan anda.
  • Lalu tentukan tema besar yang ingin dicapai setelah mengikuti seminar.
  • Tema ini akan membuat PEMBICARA SEMINAR memberikan materi yang pas, tepat, cocok dan aplikatif, yaitu mudah nantinya untuk dipraktekkan.

TARGET

  • Coba sebutkan minimal 3 target yang ingin dicapai setelah mengikuti seminar tersebut ( misal : lebih percaya diri, bisa berkomunikasi, bisa presentasi, bisa closing dan lainnya.... )
  • Target ini bisa terlihat secara gambaran  ( simulasi ) pada saat seminar dilakukan, biasanya saat sesi role play.
  • Jadi setelah seminar bukan serta merta ajaib langsung berubah seketika, namun perlu adanya maintenenceatau minimal melakukan materi yang sudah didapatkan dalam seminar tersebut.

BUDGET

  • Lakukan alokasi budget khusus dan wajib untuk disisihkan dalam jangka panjang, artinya seminar ini harus dilakukan secara berkala, bukan hanya sekali saja. Hal ini guna untuk merefresh dan menekan peserta agar melakukan lagi apa yang telah dipelajari dari seminar sebelumnya.
  • Budget haru memperhitungkan secara detail dan haru memiliki cadangan atau biaya tak terduga. Budget ini meliputi investasi biaya PEMBICARA SEMINAR, Tempat, Akomodasi, Makan, Sertifikat dan lainnya.

OPERASIONAL PELAKSANAAN

  • Operasional secara keseluruhan harus direncanakan secara matang mulai dari tempat, tools, susunan acara, MC, panitia dan sebagainya.
  • Belum lagi harus ada bagian atau panitia khusus yang menangani PEMBICARA SEMINAR, kenapa ?
  • Karena hal ini layaknya tamu datang ke tempat anda yang harus anda jamu dengan baik dan pada akhirnya bisa memberikan maksimal dan yang terbaik untuk karyawan serta perusahaan anda.

PILIHAN

Ketika anda merasa bahwa karyawan perlu diadakan sebuah seminar maka bisa melakukan sebuah pilihan yaitu...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun