Mohon tunggu...
Aafajar
Aafajar Mohon Tunggu... Guru - Guru PAUD

Pembelajar Yang Tidak Pernah Pintar (email : aafajaroke@gmail. com)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1000 Guru PAUD Belajar Bersama pada Millad 3 SPI

17 Maret 2019   12:12 Diperbarui: 17 Maret 2019   12:34 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Aa Fajar

Pendidik anak usia dini belajar bersama dengan rekan satu sekolah, itu adalah hal yang biasa. Akan menjadi luar biasa jika 1000 pendidik atau guru PAUD belajar bersama tentang pendidikan anak usia dini dalam satu ruangan.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pendidikan asasi dan penting pada awal pertumbuhan seorang manusia. Baik atau tidak nya sikap, pengetahuan dan keterampilan seseorang sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang diperoleh nya pada usia dini.

Karena nya para pakar pendidikan dan psikologi menyebut usia dini adalah Golden Age, masa emas. Para ulama Islam menyebutnya Usia Fitrah, usia yang masih bersih laksana selembar kertas putih. 

Apapun yang diperoleh pada usia dini akan mudah dan cepat masuk kedalam memori akal bawah sadarnya, membentuk file dan akan menjadi referensi dirinya dalam bersikap dan bertindak. Jika yang diterima positif, maka file yang terbentuk positif dan akan menghasilkan sikap dan perilaku yang positif.

Namun, jika yang diterima nya negatif. Maka file yang terbentuk pada memori akal bawah sadarnya adalah negatif dan akan menghasilkan sikap dan perilaku yang negatif. 

Anak usia dini ibarat tanah liat yang masih basah yang mudah dibentuk dan ditempelkan sesuatu sebagai pelengkap penampilan nya. Ketika tanah tersebut sudah kering, sulit untuk merubah kembali bentuk dan pelengkapnya yang ada.

Untuk itu penting bagi seorang guru PAUD untuk mengetahui tumbuh kembang anak usia dini, aspek perkembangan dan stimulasinya yang tepat agar peserta didik nya dapat tumbuh kembang sesuai potensi yang dimilikinya hingga siap melanjutkan pendidikan selanjutnya. 

Sebagaimana yang di amanatkan dalam Undang - Udang Pendidikan NO 20 Tahun 2003 : 

" Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan
rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut".

Karena nya, merupakan keharusan bagi guru PAUD untuk senantiasa meningkatkan kompetensi nya, berkumpul bersama rekan seprofesi untuk berbagi informasi dan pengalaman tentang pendidikan anak usia dini, dan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh pemerintah, organisasi mitra atau komunitas pendidik yang ada.

Seperti komunitas Sahabat Pendidik Indonesia (SPI) yang pada hari ini, Ahad (17/03/2019) mengadakan pelatihan 1000 guru PAUD Senusantara. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka perayaan Millad SPI yang ke 3.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun