Mohon tunggu...
Ahmad Damanhuri
Ahmad Damanhuri Mohon Tunggu... Iman dan amal harus seiring

aktivis sosial kemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pemuda Muhammadiyah Harus Mampu Jadi Pelopor dan Berkontribusi Positif terhadap Pembangunan Bangsa

25 Agustus 2019   14:15 Diperbarui: 25 Agustus 2019   14:19 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pemuda Muhammadiyah Harus Mampu Jadi Pelopor dan Berkontribusi Positif terhadap Pembangunan Bangsa
Dokpri


Padang--Pemuda Muhammadiyah sebagai organisasi pemuda Islam harus berkontribusi positif dalam membangun bangsa dan mengisi kemerdekaan melalui gerakan amar ma'ruf nahi mungkar dengan memulai dari individu, keluarga dan tubuh organisasi pemuda itu sendiri.
Hal itu disampaikan Ketua Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumbar Muhayatul saat memberikan sambutan di pembukaan Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) II Pemuda Muhammadiyah Sumbar, Sabtu (24/8) di Convention Hall Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Pasie Nan Tigo, Koto Tangah -- Padang.

Sesuai dengan tema Rapimwil II, lanjut Muhayatul, menggembirakan dakwah untuk Sumbar berkemajuan. "Nah, untuk memajukan Sumbar diharapkan Pemuda Muhammadiyah mampu menjadi pelopor dan berkontribusi positif terhadap pembangunan yang dilaksanakan, sehingga terwujud Sumbar yang lebih baik dan berkemajuan," sebut Anggota DPRD Sumbar terpilih itu, sekaligus Wakil ketua DPW PAN Sumbar yang akan dilantik pada 28 Agustus ini.

Di internal persyarikatan, lanjut putra Pesisir Selatan itu, peran Pemuda Muhammadiyah diharapkan selalu meningkatkan sumber daya internal organisasi dan memetakan kader untuk membantu program-program pemerintah yang bersinggungan dengan kepemudaan. Sekaligus tak lupa melaksanakan fungsi kontrol terhadap kebijakan dan kinerja pemerintah dan memberikan masukan dalam bentuk rekomendasi untuk mencapai cita-cita luhur bangsa ini.

Rapimwil II yang diikuti PDPM kabupaten/kota se-Sumbar itu berlangsung selama dua hari, 24-25 Agustus 2019, dengan agenda pokok: pandangan umum PDPM se Sumatera Barat terhadap kondisi Pemuda Muhammadiyah terkini, progres report kegiatan PDPM se Sumatera Barat, dan menentukan jadwal Musywil serta penentuan calon tuan rumah Musywil yang insya Allah akan digelar Desember mendatang. Dibuka secara resmi oleh Ketua PP Pemuda Muhammadiyah David Krisna Alka, dan Ketua PP Muhammadiyah Dahan Rais berkesempatan memberikan tausiah.

Kemudian Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni yang dinilai sukses membangun daerah didaulat memberikan pidato kebangsaan. Kehadiran beliau sebagai bupati yang dinilai sebagai salah satu kepala daerah yang sukses di Sumatera Barat bahkan nasional. Bupati Ali Mukhni memberikan apresiasi yang tinggi kepada PWPM Sumbar. "Saya memberi apresiasi yang tinggi kepada Pemuda Muhammadiyah Sumbar yang menggelar Rapim ini," katanya.

Menurut dia, Rapimwil Pemuda Muhammadiyah ini sangat penting, utamanya dalam rangka memberikan pemikiran positif yang membangun untuk menjawab permasalahan bangsa, di samping sebagai media pengkaderan dan bekal kepemimpinan dalam berorganisasi dengan mengembangkan dan memberdayakan potensi diri.

Ali Mukhni yang juga Ketua DPW PAN Sumbar inimengatakan, Pemda Padang Pariaman juga mengakui, keberadaan Pemuda Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi kepemudaan terbesar, telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap pembangunan dan pembinaan generasi muda di daerah ini. "Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemuda Muhammadiyah Padang Pariaman khususnya dan Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat umumnya yang selalu menjadi mitra pemerintah untuk pembangunan daerah yang berkesinambungan," ungkapnya.

"Berbagai program kegiatan yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan andil yang cukup besar terhadap kemajuan pemuda dan masyarakat Sumbar pada umumnya. Ya, untuk membangun daerah ini memang harus bersama-sama," ujar bupati yang lahir dari rahim Muhammadiyah ini.

Tampak hadir di acara tersebut, Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Buya Shofwan Karim, Sekretaris PWM Nurman Agus, Rektor UMSB Riki Saputra, yang merupakan rektor termuda se-Indonesia, Sekretaris Aisyiah Sumbar Desi Asmaret, dan ortom-ortom tingkat wilayah.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x