Mohon tunggu...
A Fatih Abdullah Salim
A Fatih Abdullah Salim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN TEMATIK UNDIP 2021

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Cerdas! Mahasiswa KKN-T UNDIP x UNICEF Ini Berhasil Ciptakan Alat Alternatif Pencegahan Penularan Covid-19

3 Desember 2021   01:23 Diperbarui: 3 Desember 2021   01:27 57 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

dokpri
dokpri
Balai Desa Padangan, Kec. Winong, Kab. Pati  (26/11/2021) - UNICEF Indonesia bekerjasama dengan Universitas Diponegoro dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2021, adapun tema yang diangkat dalam kolaborasi ini adalah "Sinergitas antara Akademisi dan Pemerintah dalam Mendukung Pencapaian SDGs Melalui Percepatan Vaksinasi serta Pencegahan Penularaan Covid -- 19 di Provinsi Jawa Tengah". 

Mahasiswa diharapkan bisa berkontribusi kepada masyarkat terutama dibidang kesehatan dan juga sector lainnya dimasa pandemic covid-19.

Mahasiswa KKN Tematik Undip x UNICEF 2021, A Fatih Abdullah Salim berhasil membuat alat alternatif pencegahan penularan covid-19 di lingkungan Desa Padangan, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. 

Alat ini bernama "Pihazer" Pijakan Hand Sanitizer. Cara kerja alat tersebut dengan menekan dengan kaki di tempat yang di sediakan agar botol handsanitizer tertekan oleh pipa diatasnya sehingga masyarakat tak perlu menekan botol handsanitizer dengan tangan.  

Mahasiswa termotivasi untuk membuat alat ini dikarenakan protocol Kesehatan dan juga pelaksanaan 3M masih minim serta kurangnya tempat cuci tangan di lingkungan tersebut.

Pengenalan alat ini dilakukan di balai desa bersama warga masyarakat sekitar, didampingi oleh Bidan Desa (Bu Eka Srimaryaningsih) dan didukung oleh Kepala Desa (Bapak Sudarsono). Alat tersebut bersifat sederhana dan mudah dijangkau dalam penggunaannya. 

Diharapkan dengan adanya alat tersebut dapat mendukung upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan meminimalisir kontak fisik saat pemakaiannya. Selain itu masyarakat lebih peduli akan pentingnya 3M.

Penulis            : A Fatih Abdullah Salim, Teknik Mesin SV Universitas Diponegoro

Dosen KKN    :

  • Dr. Sri Winarni., M.Kes
  • Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P., M.Si          

Lokasi : Desa Padangan, Kec. Winong, Kab. Pati, Jawa Tengah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan