Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - Suka nulis dan baca pun bagian dari hobi saya

Saya adalah pecinta olahraga dan menulis merupakan hobi saya selain membaca .

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Birthday Run: Dari Lari, Apresiasi dan Inspirasi

11 Juni 2023   19:23 Diperbarui: 11 Juni 2023   19:26 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Potret Komunitas TNG Runners Usai Acara Birthday Run. Sumber: Fadly Robi/TNG Runners 

Sejak berdiri pada 1 Agustus 2017, komunitas lari Tangerang Runners atau TNG Runners selalu menghadirkan event yang menarik di setiap bulan dan tahunnya, dan salah satunya adalah Birthday Run 2023.

Bertempat di area Food Court Hall Arcade Tang City Mall, Cikokol Tangerang Banten, juga berlangsung pada Minggu 11 Juni 2023. Acara Birthday Run ini juga ditujukan kepada salah satu pelari senior sekaligus dokter yang tentunya menjadi inspirasi terutama bagi teman-teman komunitas TNG Runners, yaitu Dr. Boyke Budiman Sumantri.

Dr. Boyke Budiman Sumantri saat ini memasuki usia 66 tahun, dan event lari ini juga terinspirasi dari ulang tahun Dr. Boyke dengan total rute adalah 6.6 KM. Dr. Boyke sendiri lahir pada 11 Juni 1957. Dan diusianya yang sudah tidak muda lagi, Dr. Boyke tetap menunjukkan semangat yang luar biasa untuk terus aktif berolahraga dan salah satunya dengan berlari.

Acara dimulai pada pukul 06.30 WIB dan diawali dengan stretching atau pemanasan yang dipimpin oleh kapten sekaligus pacer wanita yaitu Dewi Ratnasari serta pacer pria yaitu Rino Yudiargo. Kemudian para peserta dibagi menjadi dua sesi dengan rentang waktu kurang lebih 5 menit.

Sepanjang rute lari juga melewati beberapa tempat ikonik di kota Tangerang diantaranya adalah Jam Gede Jasa hingga Taman Adipura yang juga merupakan tempat Car Free Day saat akhir pekan seperti di hari Minggu.

Event Birthday Run ini juga banyak menuai perhatian, terutama dari kalangan masyarakat yang sedang menikmati suasana Car Free Day di Taman Adipura. Mereka bahkan terhibur dengan semangat teman-teman komunitas TNG Runners termasuk semangat dari eyang dokter (panggilan akrab Dr. Boyke).

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Boyke, dia menginginkan agar acara tahun depan bisa tetap berjalan dengan lancar dengan penuh semangat, serta dengan harapan sehat selalu agar bisa selalu berlari bersama teman teman TNG Runners. Bahkan dirinya sendiri menginginkan edisi tahun depan adalah totalnya 11 KM.

Acara Birthday Run sendiri sudah digelar sebanyak 4 kali, 3 diantarnya adalah Birthday Run edisi Dr. Boyke Budiman Sumantri.

Para peserta juga antusias,salah satunya adalah seperti yang disampaikan oleh Trisanto, salah satu anggota TNG Runners terlama yang mengungkapkan "Sebelumnya, selamat ulang tahun untuk Eyang Dokter, tentu luar biasa ya. Meski usianya sudah tidak muda lagi. Beliau tetap menunjukkan semangat yang luar biasa dan bisa jadi inspirasi bagi kita semua" ujar Trisanto.

Disamping itu juga salah satunya peserta yang cukup bersemangat adalah Raka Ayubi, dirinya juga mengakui banyak belajar dari sosok eyang dokter untuk terus aktif berolahraga lari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun