Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - Suka nulis dan baca pun bagian dari hobi saya

Saya adalah pecinta olahraga dan menulis merupakan hobi saya selain membaca .

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Malaysia dan Vietnam Lolos ke Semifinal AFF Cup 2022

3 Januari 2023   22:35 Diperbarui: 3 Januari 2023   22:37 460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Potret Selebrasi Gol Pemain Malaysia. Sumber: FA Malaysia Official

Dari lanjutan kompetisi sepakbola terbesar di Asia Tenggara yaitu AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 yang telah memasuki babak Fase Grup Matchday 5 atau Matchday terakhir, setelah kemarin ada Grup A dan kali ini kita berpindah ke Grup B.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia yang mempertemukan antara Timnas Malaysia vs Timnas Singapura.

Malaysia yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak semifinal dengan asuhan pelatih Kim Pan Gon asal Korea Selatan menurunkan skuad terbaiknya seperti penjaga gawang Syihan Hazmi, Quentin Cheng, Sharul Nazeem, Dominic Tan, Abdul Halim, Stuart Wilkin, Darren Lok, Safawi Rasid, Muhammad Mukhairi Ajmal, serta Brendan Gan.

Sementara itu Singapura yang hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak semifinal dengan asuhan pelatih Takayuki Nishigaya asal Jepang juga menurunkan skuad terbaiknya seperti penjaga gawang Hassan Sunny, Shakir Hamzah, Anumanthan Kumar, Song Uiyong, Shahdan Sulaiman, Amy Recha, Hafiz Nor, Harris Harun, Shah Shahiran, Irfan Fandi, serta Christopher Huizen.

Jalannya pertandingan berlangsung menarik sejak menit awal babak pertama, kedua tim terutama tim Malaysia selalu tampil menyerang, namun lini pertahanan yang cukup baik membuat Singapura sulit ditembus, terutama penjaga gawang Singapura Hassan Sunny yang sudah berpengalaman tampil pada ajang AFF.

Namun, Timnas Malaysia berhasil unggul lebih dulu lewat gol Darren Lok pada menit '36 setelah berhasil menerima umpan dari Safawi Rasid yang memanfaatkan kesalahan lawan dalam penguasaan bola dan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim Harimau Malaya Malaysia bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki jalannya pertandingan babak kedua, pelatih Takayuki Nishigaya bersama Singapura mencoba menurunkan beberapa pemain seperti Muhammad Shawal Anuar, Zulfahmi Arifin, Faris Ramli, Farhan Zulkifli, serta Ahmad Nazari.

Sementara itu pelatih Kim Pan Gon dengan skuad Malaysia mencoba menurunkan beberapa pemain seperti Lee Tuck, Sergio Ezequiel Aguero, Muhammad Fazly bin Mazlan, Muhammad Haqimi Azim, serta David Rowley.

Tim Malaysia berhasil kembali mencetak gol melalui gol Stuart Wilkin pada menit '51, dan tak lama kembali Stuart Wilkin berhasil mencetak gol pada menit '55 yang sekaligus menjadikan gol kedua untuk Wilkins dan gol ketiga untuk Malaysia yang membuat skor berubah menjadi 3-0.

Singapura memang sempat berhasil mencetak satu gol melalui gol Faris Ramli pada menit '85 yang membuat skor berubah menjadi 3-1.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun