Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - Suka nulis dan baca pun bagian dari hobi saya

Saya adalah pecinta olahraga dan menulis merupakan hobi saya selain membaca .

Selanjutnya

Tutup

Bola

Qatar: Gagal Totalnya sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2022

30 November 2022   15:20 Diperbarui: 30 November 2022   15:30 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Potret Para Pemain Qatar di Piala Dunia 2022. Sumber: FIFACom

Ajang kompetisi sepakbola terbesar di dunia yaitu FIFA World Cup Piala Dunia 2022 ini berlangsung di Qatar sebagai tuan rumah, Qatar juga menjadi tim Asia yang berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia kedua sepanjang sejarah di benua Asia setelah Korea Selatan & Jepang di edisi Piala Dunia 2002.

Qatar sebagai tuan rumah juga menjadi ajang Piala Dunia terakhir yang diisi oleh 32 tim negara peserta, pasalnya pada edisi Piala Dunia 2026 mendatang akan diisi oleh 48 negara peserta dan berlangsung di tiga negara yaitu Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko sebagai tuan rumah.

Tentu secara skuad, tim Qatar yang dilatih oleh pelatih asal Spanyol yaitu Felix Sanchez memiliki skuad dengan julukan lokal pride. Hal itu diungkapkan karena sebagian besar skuad Qatar diisi oleh pemain yang berkarir di Liga Qatar seperti klub Al Sadd, Al Rayyan, Al Duhail, Al Gharafa, Al Wakrah, dan Al Arabi.

Klub Al Sadd menjadi penyumbang terbesar di skuad Qatar dengan total 13 pemain, diantaranya adalah kapten Hassan Al-Haydos, penjaga gawang Saad Al-Sheeb, Tarek Salman, Abdelkarim Hassan, hingga penyerang Akram Afif.

Tergabung di Grup A bersama Belanda, Ekuador dan Senegal menjadi tantangan tersendiri bagi skuad Qatar.

Setelah laga fase grup hingga matchday 3 atau laga terakhir Fase Grup A, Qatar harus puas berada di posisi juru kunci atau posisi keempat klasemen akhir dengan nilai 0 poin dengan rincian 3 kali mengalami kekalahan, mencetak satu gol dan kebobolan total 7 gol.

Satu-satunya pemain Qatar yang berhasil mencetak gol pada Piala Dunia 2022 ini adalah Mohammed Muntari. Mohammed Muntari berhasil mencetak gol saat hadapi lawannya yaitu Senegal dilaga kedua Fase Grup, meski hasil akhir saat itu Qatar harus takluk dari Senegal dengan skor akhir adalah 1-3.

Tentu saja, banyak yang menilai Qatar sebagai tim tuan rumah terburuk di sepanjang sejarah pagelaran Piala Dunia yang pertama kali digelar sejak 1930 yang berlangsung di Uruguay sebagai tuan rumah.

Pada edisi Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia sebagai tuan rumah, tim negara Beruang Merah Rusia berhasil lolos ke babak selanjutnya dari Fase Grup hingga lolos ke babak 8 besar, sebelum akhirnya takluk dari Kroasia melalui drama adu tendangan penalti.

Pada edisi Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil sebagai tuan rumah, tim Samba Brasil berhasil lolos ke babak selanjutnya dari Fase Grup hingga lolos ke babak semifinal, sebelum akhirnya mengalami kekalahan telak dari Jerman 1-7. Saat dilaga perebutan tempat ketiga, Brasil juga takluk dari tim Ons Oranje Belanda dengan skor akhir 0-3.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun