Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Suka nulis dan baca pun bagian dari hobi saya

Saya adalah pecinta olahraga dan menulis merupakan hobi saya selain membaca .

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekitar di Hari Bumi

22 April 2019   08:59 Diperbarui: 22 April 2019   09:18 0 8 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekitar di Hari Bumi
Sumber:@marshmellolate

Ya , tepat pada hari senin ini tanggal 22 April 2019 diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia selain itu kita juga dituntut untuk memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan sekitar baik secara langsung maupun tidak langsung . 

Pengelolaan lingkungan sekitar dengan memanfaatkan sampah plastik misalnya menjadi bahan yang masih bisa didaur ulang lalu kemudian digunakan kembali fungsinya sampai bisa juga menjadi karya seni yang memiliki nilai jual yang tinggi .

Untuk kegiatan tersebut tampaknya kita pastinya sudah diajarkan oleh kedua orang tua kita atau guru di sekolah untuk memiliki contoh kecil dengan tidak membuang sampah sembarangan misalnya , namun tetap saja sadar atau tidak sadar hal itu tetap dilakukan dan kepedulian dengan lingkungan sekitar juga untuk dijalan sekarang pun sudah mulai berkurang .

Misalnya saja , ketika saya pergi ke sebuah taman kota namun tempat yang seharusnya bersih dan nyaman untuk dikunjungi justru membuat pengunjung membicarakan hal ini dan ada yang tidak betah dengan suasananya . Tumpukan sampah yang berserakan dimana-mana seakan-akan hanya menjadi tontonan saja oleh para pengunjung tanpa ada rasa peduli . 

Mereka beranggapan kalau nanti juga akan dibersihkan oleh para petugas kebersihan misalnya , karena sebetulnya kesadaran itu datang dari kita sendiri . Untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar agar tetap bersih , sehat dan nyaman serta menciptakan generasi muda yang tentu saja peduli dengan lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan .

Ya , dengan adanya hari bumi sedunia ini mari kita sama-sama menjaga lingkungan sekitar untuk Indonesia yang lebih sehat , nyaman , serta jauh dari sampah plastik yang tentu saja hanya akan mencemari lingkungan . 

Serta tidak buang sampah ke sungai atau kali , karena diera seperti sekarang ini masih banyak masyarakat Indonesia yang masih suka membuang sampah sembarangan sampai ke sungai atau kali . Hal ini tentu saja tidak baik dan bukan hanya dapat mencemari lingkungan saja , akan tetapi dampaknya bagi kesehatan masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar sungai juga tidak bagus .

Pastinya mereka menggunakan air sungai tersebut untuk mandi , mencuci dan sebagainya . Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua untuk lebih tahu dan mari kita sama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar untuk Indonesia yang lebih nyaman bersih dan sehat .

Demikian saya Irfan Maulana terima kasih dan salam hangat dan selamat hari bumi sedunia .