Mohon tunggu...
Arya Ningtyas
Arya Ningtyas Mohon Tunggu... -

Perempuan biasa ikhtiar dalam kebaikan-Nya belajar lewat tulisan...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

[Dengan Ramuan Jahe Merah & Bawang Putih Tunggal] Papaku Batal Operasi Jantung

21 Juli 2011   06:44 Diperbarui: 4 April 2017   17:23 8962
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pagi itu sebulan yang lalu setelah lelah menemani saya karena harus dirawat di rumah sakit, papa tercinta saya sedang kurang enak badan. Keluhan yang dirasakannya adalah rasa nyeri di dada. Rasa nyeri itu disikapi dengan tenang dan tidak panik, namun setelah dirasakan cukup menganggu akhirnya papa saya ke dokter. Rumah sakit yang dipilih oleh papa saya adalah RS Dharmais karena sekalian dengan jadwal konsultasi dan medical check up saya.

..........

Sampai di rumah sakit, dokter melakukan pemeriksaan dengan teliti. Resume medisnya mengatakan bahwa papa saya mengalami penyempitan jantung dan harus di operasi. Jadwal operasi pun telah di atur, sebagai manusia berserah pada Sang Pemilik Hidup adalah wajib, namun demikian ikhtiar harus tetap dilakukan dengan disertai doa tentunya.

..........

Pemeriksaan usai, dan papa saya pun pulang. Sepanjang perjalanan beberapa kali panggilan masuk ke hp papa saya berbunyi, baik dari kerabat maupun dari sahabat papa saya. Namun karena kondisi papa saya tidak memungkinkan menjawab telpon maka saya kabarkan bahwa kondisi papa sedang tidak enak badan berikut keluhan yang dirasakan juga resume dari dokter yang menangani.

..........

Mendengar informasi keluhan dan resume dokter atas sakitnya papa saya,  beberapa sahabat papa saya menyarankan agar tidak terburu buru melakukan operasi, cari opini kedua, mungkin cara pengobatan herbal itu adalah saran mereka.

...........

Atas saran dan sharing informasi dari beberapa sahabat papa saya agar mencari opini kedua, maka papa saya juga berobat ala sinshei dan tusuk jarum .  Sorenya ada salah satu sahabat papa saya tadi cerita tentang pengalamanya setelah mengkonsumsi ramuan herbal yang mampu menjaga kekentalan darah. Dari pengalamannya tersebut beliau menyarankan agar papa saya mencoba.saya ingin sedikit berbagi cerita dengan sahabat kompasianer dan para pembaca kompasiana disini tentang ramuan yang disarankan adalah terdiri :

Satu gelas sari bawang putih tunggal

Satu gelas sari jahe merah

Satu gelas sari lemon

Satu gelas cuka apel

Satu gelas madu asli

Menurut Wikipedia bawang putih adalah tanaman golongan  genus Allium. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

...........

Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur. Alliin atau alin adalah senyawa sulfoksida dimana di alam banyak terdapat pada bawang putih. Alliin merupakan turunan dari sistem asam amino. Saat bawang putih mentah dirajang atau dipotong kecil-kecil, enzim alinase akan mengubah alin menjadi alisitin yang menyebabkan bawang putih memiliki aroma dan rasa yang spesifik.

..........

Bawang putih selain digunakan sebagai bumbu hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia juga bermanfaat sebagai obat. Menurut sharing info dari sahabat, bawang putih bisa menghilangkan kutil/mata ikan. Caranya cukup sederhana. keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil/mata ikan dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit, jangan terlalu banyak bergerak,maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam dan esoknya  kutil akan telepas. Bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun