Mohon tunggu...
Annafi K
Annafi K Mohon Tunggu... Freelancer sekaligus narablog

Freelancer dengan low vision

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tips Tetap Fit Saat Deadline

8 Februari 2020   10:47 Diperbarui: 8 Februari 2020   10:50 102 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Tetap Fit Saat Deadline
medium.com

Kita sering kali mengeluh saat mengerjakan tugas karena bosan, tidak mood kadang karena badan yang leih. Tapi tidak semua orang bisa istirahat karena adanya deadline. Pegawai kantoran, programmer, freelancer, mahasiswa biasanya sering mengalaminya. Hari ini saya akan membagikan beberapa tips menjaga kesehatan saat bertugas.

Makan makanan sehat teratur

Murid atau pekerja yang tidak sarapan kebanyakan kurang fokus saat mengerjakan tugasnya. Yang ada melirik kearah jam sambil bergumam "Kapan istirahatnya...". Seperti mobil, tubuh pun butuh bensin berupa asupan gizi yang cukup untuk bearktifitas. 

Jenis sarapan yang sehat dan bisa menahan lapar lebih lama seperti roti gandum, telur rebus, buah pisang juga apel. Jika porsi sarapan kebanyakan akan memberian dampak perut yang tidak nyaman sampai mengantuk.

Rutin minum air putih

Banyak dari kita tidak suka minum air putih. Ada yang tidak suka karena taka da rasanya, lebih suka minuman bersoda, sampai komentar "kan kopi / teh juga pakai air putih" Padahal sudah banyak penelitian yang menyebutkan manfaat konsumsi air putih. Seperti untuk menjaga konsentrasi, memlancarkan pencernaan, melembabkan kulit dari dalam. Masih ngeyel nggak mau minum air putih?

Istirahat sebentar

Istirahat tidak perlu menunggu jam tertentu. Kebanyakan duduk bisa membahayakan kesehatan tulang kita.  Mulai dari nyeri pada pinggang juga leher. Mungkin efeknya belum terasa, umumnya di umur 40 tahun ke atas nyeri di bagian tersebut muncul. 

Kita bisa berdiri dan berjalan sekitar semenit di sela-sela kesibukan. Atau sambil duduk bisa melakukan beberapa gerakan untuk mengistirahatkan badan dari posisi yang monoton.

Mata juga butuh istirahat

Menatap layar laptop/ PC lama-lama untuk bekerja, saat istirahat melototin smartphone buat scrolling sosmed. Layar gawai tersebut bisa membahayakan kesehatan mata. Penelitian dari University Of Toledo menyimpulkan bahwa sinar biru bisa membutakan penglihtan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x