Mohon tunggu...
AHMAD CHOIRUL ROFIQ
AHMAD CHOIRUL ROFIQ Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Mengajar di IAIN Ponorogo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Buku: Cara Mudah Memahami Sejarah Islam (Yogyakarta: DIVA Press, 2019)

25 Februari 2019   12:16 Diperbarui: 25 Februari 2019   13:24 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KATA PENGANTAR

Sejarah selalu ditulis kembali oleh para generasi disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena ditemukannya data baru untuk menuliskan sejarah tersebut, atau memberi interpretasi baru untuk menjelaskan makna peristiwa masa lalu itu, atau dari segi pembahasan yang ditulis oleh para sejarawan tempo dulu itu kurang dapat dipahami lagi oleh generasi masa kini.

Saudara Ahmad Choirul Rofiq memberi nuansa baru dalam buku yang disusunnya. Antara lain, ia memberi pengantar ringkas tentang bagaimana caranya meneliti dan menulis sejarah secara umum, dan bagaimana para penulis menguraikan  penulisan sejarah Islam di Indonesia pada khususnya. Pendekatan kawasan  dipakai untuk menguraikan buku tersebut, seperti  kawasan Arab, Spanyol Islam, Turki, Persia, Asia Selatan (India dan Pakistan),   serta Asia Tenggara (terutama Indonesia). Ia juga memakai pendekatan kronologi, suatu unit yang pokok dalam menulis sejarah, yang meliputi masa sebelum Islam hingga masa abad ke -20 M. Pendekatan dinasti  juga digunakannya, seperti jatuh dan bangunnya dinasti yang memerintah di masanya (Umawiyah, Abbasiyah, Turki Usmani, Shafawiyah, dan Mughal). Pendekatan tematik juga ada di buku tersebut, antara lain membicarakan peradaban Islam di Andalusia (Spanyol Islam), Perang Salib, dan lain-lain. Penulis juga memaparkan Islam di Indonesia, yakni periode sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, dengan mengulas  beberapa buku yang ditulis oleh para ahli tentang Indonesia, seperti Steenbrink, Deliar Noer, dan lain-lain.

Mahasiswa Jurusan atau Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) atau khalayak umum perlu membaca buku tersebut untuk menambah wawasan kesejarahan. Semoga bermanfaat. Amiin.   

Surabaya, 16 Oktober 2018

Prof. Dr. Ali Mufrodi, MA.

Dosen Fakultas Adab dan Humaniora

UIN Sunan Ampel Surabaya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun