Mohon tunggu...
Galih Satria H
Galih Satria H Mohon Tunggu... Belajar menulis

On going Process.... Kehidupan adalah sebuah proses belajar agar menjadi manusia yang seutuhnya

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

5 Alasan Menulis Itu Menyenangkan

4 Juli 2019   14:06 Diperbarui: 4 Juli 2019   14:26 0 2 0 Mohon Tunggu...

Setiap orang tentunya memiliki hobi sesuai kesukaannya. Begitu juga dengan orang yang memiliki hobi menulis seperti aku ini. Bagiku, memiliki hobi menulis ini menyenangkan. Kira-kira ada 5 alasanku mengapa menulis itu menyenangkan.

1. Menulis bisa mengembalikan mood

Kalau kamu lagi sedih,galau,marah,gundah,kecewa,dan mood jelek lainnya coba deh kamu tumpahkan semua perasaan itu kedalam tulisan. Dengan menulis,perlahan-lahan mood mu akan kembali seperti semula. Kalau lagi galau, kamu bisa menuliskan kegalauanmu itu dalam bentuk puisi atau cerpen atau bercerita dengan buku diary mu.

2. Menulis bisa membantu dirimu untuk mengingat sesuatu

kalau kamu tipe orang yang susah untuk mengingat sesuatu, coba deh kamu menulis. Dengan menulis, kamu akan bisa untuk mengingat sesuatu. Mulailah dengan menulis sebuah memo pribadi jika itu berkaitan dengan keseharian dan penjadwalan.

3. Menulis bisa memperbanyak teman

Sekarang sudah banyak platfom ataupun website yang mengakomodir penulis, baik itu penulis pemula ataupun yang sudah profesional. Dan beberapa penulis membentuk sebuah komunitas untuk berinteraksi. Kamu pun bisa ikut ke dalam komunitas penulis tersebut, dan dengan begitu kamu akan mengenal teman-teman baru sesama penulis. Kalau beruntung kamu juga bisa ketemu pujaan hatimu di komunitas penulis tersebut.

4. Dengan menulis kamu bisa sambil belajar menyusun kalimat secara terstruktur

Mungkin terlihat sepele, walah..cuma menyusun kalimat saja sudah diajari Tapi nih, menyusun kalimat secara terstruktur itu susah. Tulisan kita harus  mudah dipahami oleh pembaca. Nah, dengan menulis kamu bisa sambil belajar menyusun kalimat secara terstruktur, dan ini sangat bermanfaat buat kamu yang akan menempuh skripsi atau membuat karya ilmiah. Mulailah menulis hal-hal yang bersifat umum terlebih dahulu, lama kelamaan kamu akan bisa menulis sebuah karya ilmiah.

5. Hasil tulisanmu bisa menjadi portofolio tambahanmu

Mungkin tidak banyak perusahaan yang membutuhkan portofolio semacam itu, tapi kalau perusahaanmu bergerak dibidang industri kreatif ataupun pendidikan, portofolio sangat dibutuhkan. Dan hasil dari tulisanmu yang dimuat di media apapun bisa kamu lampirkan sebagai portofolio tambahan sebagai bahan pertimbangan untuk merekrut kamu untuk menjadi bagian dari mereka.

Jadi bagaimana? apa kamu tertarik untuk menulis? Menulis itu menyenangkan lhoo.. yuk nulis..