Mohon tunggu...
Ahmad Sidik
Ahmad Sidik Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

mahasiswa jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta yang berasal dari perkampungan nelayan di kabupaten Kendal Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jumlah Motor di Yogyakarta "Over Dosis"

26 Juli 2013   13:38 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:00 791
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dewasa kini transportasi seperti aliran darah dalam pembuluh, jika mengalami hambatan aliran maka akan terjadi suatu pemasalahan pada sistem. Bagi mahasiswa transportasi merupakan suatu sarana yang sangat vital peranannya dalam kehidupan sehari-hari guna melakukan berbagai aktivitas akademik maupun non akademik. Apalagi untuk mahasiswa yang jarak rumah dari kampusnya jauh. Hal tersebut menjadikan transportasi mengalami pergeseran status kebutuhan dari kebutuhan sekundermenjadi kebutuhan primer. Pergeseran kebutuhan yang terjadi membuat mahasiswa lebih memilih kendaraan pribadi sebagai alternatif transportasi yang digunakan. Sepeda motor yang cenderung murah dan efisien menjadi pilihan utama mahasiswa.

Yogyakarta merupakan kota pendidikan yang dipenuhi berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) yang sudah tersohor. Keadaan tersebut menjadikan Yogyakarta sebagai “magnet” bagi calon mahasiswa dari berbagai daerah di tanah air bahkan dunia untuk menempuh studi tingginya. Mahasiswa baru yang datang ke Yogyakarta pada umumnya membawa sepeda motor dari daerah asalnya namun juga tidak sedikit yang membeli di Yogyakarta. Prosentase mahasiswa yang semakin tahun semakin meningkat ternyata berbanding lurus dengan peningkatan jumlah prosentase sepeda motor.

Perlu diketahui bahwa jumlah ideal sepeda motor adalah 20 persen dari seluruh jenis kendaraan bermotor. Sedangkan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bahwa jumlah sepeda motor sudah mencapai 87 persen dari moda kendaraan bermotor. Jika merujuk data tersebut jumlah sepeda motor di DIY sudah sampai pada gejala “over dosis”.

Untuk mengatasi dinamika permasalahan transportasi yang terjadi, mahasiswa dapat turut berpartisipasi mengurainya. Bagi mahasiswa yang rumahnya dekat dengan kampus agarmenggunakan sepeda atau jalan kaki dalam usahanya menuju kampus. Dengan bersepeda atau jalan kaki minimal akan didapatkan tiga keuntungan sekaligus yaitu hemat pengeluaran, menyehatkan badan dan ramah lingkungan. Demikian pula bagi mahasiswa yag rumahnya cukup jauh dari kampus maka akan lebih bijak bila memanfaatkan fasilitas umum yang telah tersedia seperti Trans Jogja atau angkutan umum lain.

*termuat di Suara Merdeka 8 Maret 2012

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun