Mohon tunggu...
Kuncoro Adi
Kuncoro Adi Mohon Tunggu...

Lahir di semarang, tinggal di Jakarta. Penulis, editor buku dan pembicara publik. Tulisan tentang kerohanian, bisa di akses di blog pribadi http://kuncoroadi.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peringatan untuk Para Ayah

12 November 2015   15:27 Diperbarui: 12 November 2015   16:17 403 0 1 Mohon Tunggu...

Hubungan orang tua (dalam hal ini ayah) dan anak yang tidak harmonis bisa berakibat pemberontakan dan rasa permusuhan antara anak dan orang tua. Luka batin dan perlakuan orang tua yang enimbulkan trauma bagi anak efeknya bisa berkepanjangan.

Salah satu cerita alkitab yang paling dramatis tentang masalah ini adalah antara Daud dan anaknya Absalom. Kisah lengkapnya bisa Anda baca dalam 2 Samuel pasal 13.

Kita akan mencoba mendalami kasus ini dan mencari pemecahannya.

AKAR HUBUNGAN DAUD DAN ABSALOM YANG TIDAK HARMONIS

Hubungan Absalom sebagai anak dengan Daud sebagai ayah tidaklah harmonis.Hal itu terbukti dengan beberapa hal berikut ini :

1.Absalom kecewa terhadap Daud

Kalau kita analisa dengan teliti, maka ada 2 hal yang menyebabkan Absalom kecewa terhadap Daud :

  • Ia kecewa karena Daud tidak menghukum Amnon

Sebagaimana kita ketahui Daud memiliki beberapa anak dari beberapa istri. Nah, Tamar adik Absalom (satu ibu satu bapak) suatu keika diperkosa oleh Amnon, anak sulung Daud dari istri yang lain. Sayangnya, setelah peristiwa pemerkosaan itu, Daud tidak menindak Amnon, hanya karena sebagai anak sulung Amnon adalah putra mahkota. Karena alasan ketidakadilan inilah Absalom mulai mendendam kepada Daud.

  • Ia merasa Daud kurang memperhatikannya

Ini adalah masalah komunikasi. Nampaknya dalam keluarga Daud, minim sekali terjadi komunikasi antara orang tua dengan anaknya! Ini bisa disebabkan karena kesibukan Daud yang luar biasa sebagai seorang raja. Tetapi bisa juga karena Daud menganggap waktu bersama dengan anak-anaknya adalah sesuatu yang kurang penting. Dengan kata lain, mungkin saja terjadi bahwa Daud berpikir, memberi perhatian serius dalam hubungannya dengan anak-anaknya bukanlah prioritas utama dalam hidupnya.

2. Absalom memilih untuk membalas dendam kepada Amnon

Ketika Tamar adik kandung Absalom diperkosa oleh Amnon saudara tirinya, sebenarnya ada 2 pilihan yang bisa dilakukan Absalom .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x