Mohon tunggu...
Farhan AlFarizi
Farhan AlFarizi Mohon Tunggu... Writer Enthusiast

Nama saya Farhan , Saya adalah seorang pria lulusan SMK yang mengisi waktu luang untuk melakukan hal hal yang bermanfaat . Hobby : Menulis Artikel , Travelling (Mendaki Gunung )

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Peraturan yang Wajib Ditaati oleh Para Pendaki yang Ingin Melakukan Pendakian ke Gunung Lawu

3 Agustus 2019   07:02 Diperbarui: 12 Agustus 2019   15:10 0 4 2 Mohon Tunggu...
Peraturan yang Wajib Ditaati oleh Para Pendaki yang Ingin Melakukan Pendakian ke Gunung Lawu
sumber: insta-traveller.xyz

Pict source by@ http://www.insta-traveller.xyz

Halo Sobat KOMPASIANA pada Artikel ini Saya mau share beberapa peraturan yang wajib di taati ketika kalian ingin melakukan pendakian ke Gunung Lawu, Gunung Lawu adalah Sebuah Gunung Yang Terletak diantara 3 Kabupaten.

Diantaranya : Kabupaten Karang Anyar, Kabupaten Magetan, Dan Kabupaten Ngawi. Untuk menuju Puncak Gunung Lawu kalian bisa melalui beberapa jalur pendakian diantaranya : Via Candi Cetho , Cemoro Sewu , Cemoro Kandang atau Singolangu . 

Pada perjalanan kali ini saya dan rekan rekan - saya melakukan pendakian via candi Cetho , Jalur candi cetho bisa dibilang jalur yang masih terasa kental akan mistisnya dan tentunya kalian wajib mentaati peraturan-peraturan setempat ,Bisa dibilang ini pantangan yang wajib diikuti & tidak boleh dilanggar , karna dimana bumi dipijak disitu lah langit dijunjung .

karena beberapa bulan yang lalu , tepatnya pada tanggal 20 Juni 2019 lalu ketika saya melakukan Pendakian ke Gunung Lawu via Candi Ceto saya mengalami hal yang mistis ketika disepanjang perjalanan ketika turun menuju Base Camp,gunung Lawu ini bener bener berbeda dengan gunung gunung lainnya, itulah yang saya rasakan ketika itu .

sama halnya ketika kita ingin bertamu ke rumah orang ,maka kita harus ber-etika & taat pada tuan rumah yang ingin kita kunjungi, karena Gunung Lawu itu bisa dibilang Gunung yang masih sakral karena bekas peninggalan kerajaan Majapahit yang konon mistisnya masih melekat, maka dari itu jadilah pendaki yg bijak & bisa mentaati peraturan peraturan yang berlaku. Oleh karnanya saya akan share beberapa peraturan yang wajib ditaati ketika kita ingin mendaki Gunung Lawu :

1.Dilarang membuat jalur terobosan

Ikutilah jalur jalur yang sudah disediakan Oleh pengelola pihak base camp Gunung Lawu "Jalur Resmi " bukan "Ilegal" jangan membuat jalur sendiri atau Istilahnya Tebas Jalur ,sehingga kalian tidak mengikuti jalur pendakian yang sudah ada dan berlaku .

2. Memisahkan diri dari rombongan

jangangan memisahkan diri dengan rombongan , Selalu Usahakan untuk selalu bareng dengan kelompok / rombongankalian ,jangan sampai ada yang tertinggal satu orang pun mulai dari titik awal pendakian hingga sampai puncak,dan juga hingga kembali turun ke base camp, jangan mementingkan ego kalian sendiri . Bila ada salah satu teman kelompok yang kelelahan maka kelompok  kalian juga wajib break untuk istirahat bersama sama .


3.Menggunakan Obor untuk Penerangan & Menggunakan Api Unggun

Untuk alat penerangan cukup menggunakan headlamp,senter maupun flash handphone . dilarang menggunakan obor Untuk Alat Penerangan , mungkin tujuan dilarangnya menggunakan Obor karena ditakutkan akan terjadi indikasi kebakaran hutan , Sehingga pengelola melarang Obor Sebagai alat Penerangan .

4.Membuat kotor kawasan Gunung Lawu / Melanggar pantangan setempat

Antara lain seperti :- Memakai Pakaian berwarna Hijau Pupus-Dilarang Memakai Pakaian Bercorak Gadung Mlati , Poleng,Benang telon & Mrutu Sewu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x