Mohon tunggu...
Muh Sulaiman Dadiono
Muh Sulaiman Dadiono Mohon Tunggu... Seseorang yang hanya mencurahkan keluh kesahnya

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ikan Channa Maru, dari Meja Makan hingga Meja Kontes

28 Februari 2021   19:18 Diperbarui: 28 Februari 2021   19:28 1864 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikan Channa Maru, dari Meja Makan hingga Meja Kontes
Channa Maru Red (gerava.com)

Akhir-akhir ini nama ikan channa maru sedang naik daun baik di kalangan artis, youtuber maupun masyarakat umum, kepopuleran channa maru ini bahkan sampai pada tingkat kontes ikan skala lokal maupun nasional.

Sebelum membahas lebih jauh mari kita berkenalan dahulu dengan ikan channa maru, channa maru mempunyai nama latin "channa marulioides", ikan ini merupakan ikan asli perairan indonesia. 

Habitat ikan channa maru biasanya ditemukan di perairan-perairan sungai gambut di pulau sumatera dan pulau kalimantan. Panjang maksimal ikan ini dapat mencapai lebih dari satu meter, makanan utama channa maru berupa ikan-ikan kecil, serangga, katak dan mamalia kecil. Dalam bahasa inggris ikan ini biasa disebut "Snakehead" atau ikan kepala ular.

Pada dasarnya ikan channa maru ini masih sekerabat dengan ikan gabus, ikan toman dan ikan channa pulchra yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Yang membedakan ikan channa maru dengan jenis channa lainnya adalah adanya corak seperti corak batik yang biasa disebut dengan "bunga", selain corak ada ciri lain yang menbedakan dengan channa jenis lain yaitu adanya "bar" atau garis-garis yang terdapat pada bagian tubuh channa maru.

Selain itu channa maru juga memiliki warna yang bermacam-macam ada yang berwarna merah yang biasa disebut "channa maru red" dan ada yang berwarna kuning yang disebut "channa maru yellow", biasanya dibelakang nama sebutan tersebut diberikan "embel-embel" nama sungai tempat ikan channa tersebut berasal seperti " channa maru yellow sentarum" dan lainnya.

Sebelum sepopuler ini ikan channa maru merupakan ikan konsumsi yang banyak ditangkap oleh nelayan di sepanjang sungai-sungai di sumatera dan kalimantan, ikan ini biasanya hanya dijadikan sebagai "lauk pauk" di meja makan masyarakat sekitar atau pun dijadikan sebagai obat untuk mempercepat pemulihan luka.

Semenjak "virus channa" ini menyebar di indonesia, ikan channa maru ini sangat diminati oleh masyarakat sebagai ikan peliharaan. Tingkat kepopuleran ikan channa maru ini paling tinggi di kalangan penghobi ikan channa di indonesia ada berbagai faktor yang menyebabkan ikan ini paling populer yang pertama adalah harganya yang relatif murah, kedua mudah untuk dipelihara karena perawatan yang tidak ribet, ketiga ikan ini terkenal mempunyai mental yang "galak" dan lebih aktif jika dibandingkan jenis channa lain, keempat ikan channa maru memiliki corak dan warna yang indah.

Karena kepopuleran ikan channa maru yang semakin meroket, maka banyak sekali kontes yang diadakan baik secara lokal atau nasional yang memperlombakan ikan channa maru ini, aspek penting yang dinilai pada saat kontes antara lain adalah adanya "bunga" pada ikan channa maru, kemudian ada yang dinilai berdasarkan "bar" dan warna ikan, selain penilaian pada bunga, bar dan warna ikan ada pula penilaian berdasarkan "mentalitas ikan".

Setelah membaca tulisan singkat tentang ikan channa maru ini apakah anda tertarik untuk memelihara ikan ini?

Oleh Muh. Sulaiman Dadiono, Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto 28 februari 2021

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x