Mohon tunggu...
Salma AuliyaW
Salma AuliyaW Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tangkal Narkoba, Tingkatkan Kreativitas Generasi Muda! Mahasiswa KKN UNDIP Upayakan "GAK" (Generasi Aktif Kreatif)

10 Agustus 2022   21:01 Diperbarui: 10 Agustus 2022   21:10 66 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semarang (05/08/2022) - Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. 

Sementara menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan. 

Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan jika pemakaiannya berlebihan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan. 

Penyalahgunaannya bisa terkena sanksi hukum. Untuk mengetahui apa saja jenis dan bahaya narkoba bagi kesehatan, simak ulasannya berikut ini.

Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) yang sedang melakukan  Kuliah Kerja Nyata (KKN) menaruh perhatian terhadap isu stunting di seluruh warga RW Kelurahan Karangrejo Kecamatan Gajahmungkur, yang saat ini menjadi perhatian berbagai pihak, menjadi alasan utama mengapa program kerja KKN TIM II Universitas Diponegoro Kelurahan Karangrejo bertemakan, " GAK (Generasi Anak Kreatif)".

Melihat kondisi nyata bagaimana tingginya angka stunting di seluruh RW Kelurahan Karangrejo, Mahasiswa KKN UNDIP Feni Aprilena, Jessy Catharine Octaviani Silalahi, Kevin Arios, Kristy Eleison Hillary Tambunan, Salma Auliya Wibowo yang sedang KKN di Kelurahan Karangrejo ingin memperbaiki kondisi itu dengan lebih memperhatikan pasokan gizi kepada anak-anak/balita, dengan begitu, mahasiswa bersama masyarakat harus mencari solusi bersama.

Dengan adanya permasalahan itu, pada hari Senin (23/07/2022) mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan Edukasi Generasi Anti Narkoba dilaksanakan di Balai Kelurahan Karangrejo bersama anak-anak setempat untuk mengedukasi pencegahan penyalahgunaan narkoba. Selain itu kami juga membagikan sejumlah makanan ringan kepada anak-anak yang hadir beserta hadiah bagi pemenang lomba kolase.

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tersebut dapat diharapkan anak-anak di Kelurahan Karangrejo menjadi lebih aware dalam bahaya narkoba di kemudian hari.

dokpri
dokpri

Penulis: Feni Aprilena (Ilmu Sejarah), Jessy Catharine Octaviani Silalahi (Teknik Lingkungan), Kevin Arios (Hubungan Internasional), Kristy Eleison Hillary Tambunan (Teknik Lingkungan), Salma Auliya Wibowo (Psikologi).

Dosen Pembimbing Lapangan : Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan