Mohon tunggu...
Money

Berkenalan dengan Si Penyandang Gelar Mangga Termahal Sejagad

18 September 2018   12:50 Diperbarui: 18 September 2018   12:57 615
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Buah mangga merupakan salah satu komoditas buah yang sangat digemari semua kalangan masyarakat. Buah ini memiliki cita rasa asam manis yang sangatlah segar di lidah penikmatnya. Selain itu, buah mangga kaya akan vitamin C serta serat yang sangat baik bagi pencernaan tubuh.

Di Indonesia kita sering menjumpai mangga madu, mangga manalagi, mangga harum manis, dan beranekaragam lagi yang dapat ditemukan. Pernahkah anda menemui buah mangga merah Miyazaki atau hanya mendengar namanya saja? Tentu saja sebagian masyarakat di Indonesia masih jarang menemui bahkan asing ketika mendengar nama mangga yang satu ini.

Bila kita mendengar nama mangga merah miyazaki, sekilas kita akan beranggapan mangga ini berasal dari Jepang. Ya memanglah benar mangga merah miyazaki berasal dari negeri matahari terbit yaitu Jepang.

Mangga merah Miyazaki merupakan hasil teknologi pertanian dari daerah Miyazaki yang terletak di barat daya Jepang. Mangga ini memiliki ciri khas warna kulit  merah, bobot rata-rata 350 gram, warna daging buah kuning jingga serta memiliki rasa 15 kali lebih manis dibandingkan mangga biasa. Dengan ciri ciri tersebut mangga miyazaki memang layak masuk jajaran mangga top di dunia.

Mangga miyazaki pernah menggegerkan dunia pertanian maupun perdagangan buah dunia. Bagaimana tidak? Apakah masuk akal untuk memakan satu buah mangga dengan massa 350 gram setara dengan harga satu unit sepeda motor?  Seperti yang dikatakan banyak orang 'semua mungkin di jaman serba bisa saat ini'.

Mungkin ini berlaku juga untuk buah yang satu ini. Hal ini terjadi di sebuah acara lelang buah di Jepang. Di Jepang merupakan hal lumrah jika buah memiliki harga fantastis sehingga sering menjadi hadiah yang terbilang mewah. Dua mangga Miyazaki yang di baluti dengan kotak yang eksklusif terjual dengan harga 300.000 setara Rp. 38.000.0000,00.

Jadi dapat disimpulkan untuk mendapatkan satu buah mangga Miyazaki harus mengeluarkan uang Rp. 19.000.000,00. Selain menyabet gelar buah mangga termahal didunia juga mendapat julukan " Taiyo no Tamago" yang berarti telur matahari . Julukan ini hanya bisa didapatkan oleh mangga dengan spesifikasi terbaik yaitu memiliki massa minimal 350 gram serta kandungan glukosa yang tinggi.

Bila dipikir ulang harga dengan barang yang didapat mungkin tidaklah setara.  Namun hal apa yang membuat mangga Miyazaki patut untuk menyandang gelar buah termahal  dunia? Ya ini tercermin dari cara membudidayakan mangga merah Miyazaki.

Orang Jepang terkenal akan kedisipinannya hal ini juga berlaku dalam membudidayakan mangga yang satu ini. Dalam pembudidayaan mangga ini diperlukan kedisiplinan, ketelitian  serta tergolong rumit. Berikut cara petani Jepang untuk mendapatkan mangga merah Miyazaki dengan kualitas terbaik.

1. Pertama menggantungkan cabang - cabang pohon mangga menjulang keatas agar mempermudah serangga dalam membantu proses penyerbukan.

2. Sesudah proses penyerbukan berhasil maka akan didapati buah mangga yang tumbuh. Kemudian para petani akan memotong buah mangga yang kecil serta meninggalkan yang besar pada setiap cabang pohon untuk dibiarkan tumbuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun