Mohon tunggu...
Ervan Iksan p
Ervan Iksan p Mohon Tunggu... Freelancer - PENULIS

UKSW

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pohon Kersen Berbuah Kecil Besar Manfaatnya

17 September 2018   21:06 Diperbarui: 17 September 2018   21:52 1075
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pohon kersen (Muntingia calabura) adalah salah satu pohon yang yang mudah kita jumpai di pinggir jalan. Pohon ini termasuk tanaman liar yang tumbuh dengan ketinggian 3-6 meter, bahkan ada yang sampai 12 meter. Selain di indonesia tumbuhan ini juga tumbuh di berbagai negara seperti india,meksiko,inggris,kamboja,dan lain-lain.

Buah kersen sangat mudah sekali di peroleh. Pohon kersen dapat tumbuh di mana-mana. Banyak sekali pohon kersen yang terletak di pinggir jalan,sehingga selain menjadi tempat yang bisa di gunakan untuk berteduh, Orang juga bisa dengan mudah menikmati buah kersen yang ada. Memang banyak pihak yang menjadikan pohon kersen ini sebagai pohon berteduh yang ada di pinggir-pinggir jalan. 

Selain sengaja di tanam, pohon kersen ini juga banyak yang tumbuh liar. Munculnya pohon kersen secara tiba-tiba ini seringkali tidak di sadari oleh manusia. Sehingga setelah terbentuknya pohon kersen dewasa barulah orang-orang menyadari adanya pohon tersebut.

Kersen merupahkan salah satu jenis buah yang kecil. Saat muda buah kersen memiliki warna hijau dan saat matang berwarna merah cerah serta memuliki rasa yang manis. 

Buah ini juga memiliki banyak nama di berbagai daerah di indonesia, seperti di jakarta di namau buah ceri dan di madura di namai baleci dan di semarang di namai talok. Di daerah lain ada yang menamainya keres,karsem,seri dan sebagainya.

Di indonesia, jawa kususnya, pohon kersen ini tumbuh dengan sendirinya tanpa di lakukan upaya-upaya perawatan kusus baginya. Bahkan saking mudahnya pohon kersen ini tumbuh, banyak orang yang mencabut pohon ini karena di rasa menganggu. 

Padahan sangat di sayangkan pohon kersen ini banyak manfaatnya. Buah kersen di kenal sebagai obat untuk menyembuhkan asam urat dan juga diabetes, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. selain itu bagian pohon kersen yang mempunyai manfaat adalah daun pohon kersen.

Daun kersen ini merupahkan daun yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selain dapat di manfaatkan buahnya, kita juga dapat memanfaatkan daunnya. Berukut ini sejumlah manfaat daun kersen yaitu.

  • Sebagai obat mengatasi diabetes
  • Mengatasi kolestrol yang tinggi
  • Sebagai pengontrol fungsi otot jantung
  • Mencegah perkembangan tumor
  • Sebagai antiseptik
  • Sebagai antihipertensi

Itulah beberapa manfaat daun kersen bagi kesehatan. sebagian besar atau bahkan hampir semua manfaat tersebut dapat kita peroleh dengan meminum air rebusan atau serbuk dari daun kersen yang sudah di keringkan dan di minum 2 hingga 3 kali setiap harinya. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat bagi temen-temen semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun