Mohon tunggu...
Yanuarius Melkior Agung Lopi
Yanuarius Melkior Agung Lopi Mohon Tunggu... Jurnalis - Ketapang, 06-01-2000

Belajar bukan semata-mata untuk pintar melainkan agar dapat berguna bagi sesama

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Kurang Meratanya Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

5 Februari 2020   10:02 Diperbarui: 16 Desember 2021   11:43 21063
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilsutrasi pembangunan | Sumber: properti.kompas.com

Pembangunan adalah semua proses perubahan yang dilakukan melalui upaya-upaya secara sadar dan terencana untuk memperbaiki berbagai aspek kehidupan masyarakat. 

Pembangunan yang berkeadilan dan demokratis serta dilaksanakan dengan cara yang bertahap, berkesinambungan, dan merata. Tetapi pada kenyataannya pembangunan di Indonesia masih jauh dari kemerataan yang diharapkan. 

Sampai saat ini, pembangunan di Indonesia masih berkonsentrasi di daerah pusat kita saja, baik itu di ibu kota Negara itu ataupun di daerah yang berada disekitarnya. 

Keadaan inilah yang dibilang masih jauh dari apa yang dicita-citakan dalam tujuan awal, yaitu tujuan nasional kita yang menginginkan kemerataan dalam pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. 

Pembangun yang kurang merata di Indenesia tentu sudah banyak terjadi contoh saja di desa yang masih tertinggal yang jauh dari perkotaan tentu saja memberi ketidaknyaman bagi masayrakat ditempat tesebut tentu akan mengahambat aktivitas masyarakat contoh saja belum masuk listrik di desa-desa kemudian jalan yang  jelek tentu sangat menghambat aktivatas masyarakat didaerah tersebut serta  pendapatan negarapun bisa dikatakan kurang maksimal, 

Indonesia juga belum dapat memanfaatkan wilayah-wilayah daerah pedesaan yang memiliki potensi yang cukup besar untuk membantu membangun perekonomian Negara yang dikarena pembangunan yang tidak merata itu menyababkan kurang adanya pemanfaatan yang maksimal pada sumber-sumber daya dari daerah yang memiliki potensi ekonomi yang baik untuk jangka waktu ke depan. 

Apa saja yang menyebabkan pembangunan di Indosesia yang belum merata yaitu  dikarenakan pemerintah yang hanya menyediakan fasilitas yang sifatnya kompelks untuk daerah perkotaan, sehingga bagi masyarakat yang letaknya di daerah terpencil butuh waktu yang lama untuk menikmati dan mengakses fasilitas-fasilitas tersebut. 

Sedangkan salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan infrastuktur yang merata baik di Kota besar maupun dipelosok desa. Jika pembangunan sudah merata pada suatu desa seperti transportasi tentu aktivitas perekonomian di suatu desa tersebut dapat berjalan dengan baik. 

Pembangunan diharuskan merata di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah guna mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun