Mohon tunggu...
Ignasius Andriws
Ignasius Andriws Mohon Tunggu... Auditor - ANDRI

MAHASISWA

Selanjutnya

Tutup

Nature

Sejuta Manfaat Bunga Pepaya dan Kegunaanya

16 September 2018   13:44 Diperbarui: 16 September 2018   14:25 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pepaya,nama buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan,dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Pepaya adalah satu-satunya jenis dalam Genus carica,Nama pepaya dalam Bahasa Indonesia diambil dari Bahasa Belanda "papaja",dalam Bahasa Jawa disebut "kates" dan dalam bahasa sunda "Gedang".

Pepaya merupakan buah yang sangat popular bagi masyarakat Indonesia. Tanaman ini mudah dikembangbiakan dan memiliki prospek yang bagus jika di budidayakan. Dalam pasaran buah ini pun digemari semua kalangan dari kelas masyarakat bawah, menengah, hinga kelas atas.Selama ini masyarakat Indonesia memanfatkan pepaya mulai dari daun,bunga, dan buahnya tetapi,sebagian besar masih belum bisa memanfaatkan bunga pepaya untuk menjadi keripik.

Tanpa kita sadari buah papaya yang selama ini di manfaatkan sebagai bahan olahan yang tidak tahan lama dan biaya produksinya yang mahal, dan hasil panen papaya yang dijual mentah berpenghasilan rendah, ternyata dapat menambah penghasilan yaitu menjadikan bunga papaya menjadi keripik. Keripik merupakan makanan ringan yang banyak digemari masyarakat pada umumnya karena murah, Tahan lama, Dan mudah di dapat, tetapi kebanyakan keripik di pasarkan adalah keripik kacang dan keripik kedelai.

  • Bunga pepaya bunga yang rasanya enak ketika disayur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Rasanya enak dan harga juga bersahabat, Bunga pepaya ternyata memiliki berbagai jenis yang sering kita jumpai.

Manfat bunga pepaya sangat lah banyak namun masyarakat masih sedikit yang mengetahuinya. Banyak penelitian telah menunjukan bahwa bunga pepaya sangat banyak manfaat nya, berikut adalah manfaat dari bunga pepaya:

  •  Didalam bunga pepaya mengandung unsur yang berperan sebagai manfaat antioksidan. Antioksidan sendiri berguna untuk menangkal masuknya radikal bebas yang masuk kedalam tubuh kita. Radikal bebas yang berasal dari populasi yang terjadi di lingkungan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yangdapat merugikan kesehatan.

Kandungan dalam bunga seperti tannin membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh, untuk melakukan fungsinya dengan optimal. Kandungan gizi di dalam bunga pepaya yang membantu fungsi organ pencernaan ini, akan membuat metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar.

          Manfaat senyawa flafanoid dan anti oksidan yang terdapat didalam bunga pepaya dapat berfungsi untuk menangkal dan mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh sebagai penyebab macam-macam kanker. Flavonoid dan antioksidan juga mempunyai fungsi lain yakni untuk menjaga kestabilitasan sistem imun tubuh kita.

  • Saat ini banyak orang yang kurang memanfaatkan tumbuhan. Mereka lebih suka makanan yang instan dan bermerek,padahal mereka belum tahu manfaat apa yang ada di dalam makanan tersebut. Dari situlah kita dapat memeanfaatkan tumbuhan agar dapat di konsumsi. Penulis memanfaatkan bunga pepaya menjadi makanan yaitu kripik.
  • Bunga pepaya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar insulin di dalam tubuh sebagai penyebab utama seorang mengalami diabetes. Meskipun demikian,belum ada penelitian yang secara ilmiah menunjukan bahwa bunga pepaya memang bisa menyembuhkan diabetes. Namun orang-orang jaman dulu banyak yang mengkonsumsi bunga pepaya ini,guna mengontrol kadar gula didalamnya.

Langkah-langkah pembuatan kripik bunga pepaya yaitu, yang pertama cuci bunga pepaya. Kedua,siapkan bumbu-bumbu,setelah siap lalu digerus hinga halus. Setelah bumbu halus, Bumbu di masukan ke baskom yang sudah di beri tepung beras putih, setelah itu telor dan royco juga dimasukan ke baskom itu. Setelah itu baskom tadi di tuang dengan santan kelapa. Setelah di tuang lalu masukan bunga pepaya ke dalam adonan itu,Jika sudah menjadi 1 adonan. Kemudian adonan di goreng sekittar 2-3 menit setelah matang di angkat dan siap di sajikan.

      Sebaiknya masyarakat mulai mengolah bunga pepaya menjadi keripik yang terryata dapat di manfaatkan sebagai makanan ringan dan memiliki nilai ekonomis.Sebaiknya masyarakat mulai membuat bunga pepaya menjadi kripik sebagai makanan ringan yang menyehatkan bagi  keluarga di rumah.Kripik ini dapat dijadikan cemilan ketika makan, maupun  sedang menonton tv.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun