Mohon tunggu...
Ayu Ningtyas
Ayu Ningtyas Mohon Tunggu... Guru - A life traveller

Adventuring, writing, and celebrating

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ada Apa di Belakang Nenek?

30 Agustus 2019   10:52 Diperbarui: 5 September 2019   06:46 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berbicara tentang cerita horor, saya jadi teringat dengan foto nenek saya. Foto ini saya ambil sekitar 11 tahun yang lalu dengan menggunakan kamera analog jadul, saat saya pulang ke kampung halaman. Nenek sudah berpulang sekarang. Foto ini adalah hasil foto ulang dengan kamera handphone dari foto cetakan aslinya.


***

Saat itu petang menjelang magrib. Suasana di sekitar sudah mulai gelap.

Nenek sedang menuntun seekor kambingnya pulang ke kandang. Lalu saya memintanya berfoto di depan rumah.  

Usai klise foto-foto dicetakkan dan ditata dalam satu album, ternyata ada yang ganjil dengan foto ini.

Adik saya yang pertama kali menyadari ada gambar aneh di belakang nenek. Kalau diperhatikan, ada penampakan sosok melayang di bagian belakang sebelah kiri dari tempat nenek saya berdiri.

Awalnya saya mengira itu cuma bagian kertas yang tergores. Namun ternyata tidak ada goresan di kertas foto.

Adik saya berpikir gambar putih yang seolah melayang itu adalah gapura rumah pakde Sastro, tetangga kami, yang tinggal bersebelahan dengan batas pekarangan rumah. Tetapi kok di sekitarnya gelap?

Keanehan ini redam sekian lama dan tak pernah dibahas lagi.

Saat foto ini saya upload tahun lalu untuk mengenang almarhumah nenek, kembali terjadi kehebohan di grup whatsapp keluarga yang bikin merinding, "Ada apa ya di belakang nenek?" Saat itu saya kembali diingatkan kalau ada yang tidak beres dengan foto ini.

Saya yang malam saat mengobrol itu sudah berniat akan melembur pekerjaan kantor, langsung menutup laptop dan memilih untuk tidur saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun