Mohon tunggu...
Aymara Ramdani
Aymara Ramdani Mohon Tunggu... Orang yang hanya tahu, bahwa orang hidup jangan mengingkari hati nurani

Sebebas Camar Kau Berteriak Setabah Nelayan Menembus Badai Seiklas Karang Menunggu Ombak Seperti Lautan Engkau Bersikap Sang Petualangan Iwan Fals

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Melucu Pun Bagian dari Hijrah

9 Juni 2020   13:30 Diperbarui: 9 Juni 2020   13:21 30 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melucu Pun Bagian dari Hijrah
Dok. Pribadi

Humor adalah sublimasi dan kearifan sebuah masyarakat.

Gus Dur

Perjalanan ruhaniah seseorang itu tergantung oleh hempasan pengalaman-pengalaman batin mereka yang dipengaruhi oleh lingkungan dan komunitas atau kelompok.  

Pengalaman atau peristiwa yang terlibat dalam mempengaruhi perjalanan ruhaniah kita itu juga tak lepas dari perenungan-perenungan yang mendalam tentang makna kehidupan yang telah dan akan kita jalani. 

Menurut saya, perjalanan ruhaniah (spiritual) kita yang mendalam yang akan membuat kita semakin bijak dalam menjalani kehidupan ini adalah hasil dari perenungan-perenungan, dengan melihat kekuasaan dan kebesaran Allah dari semua ciptaanNya. Semesta ini bisa dijadikan sebagai rujukan untuk meliht betapa agungNya kekuasaan Allah.

Melihat perjalanan ruhaniah seseorang ini, sekarang begitu fenomenalnya kata-kata Hijrah yang sedang ngetren dalam kehidupan beragama kita. 

Definisi hijrah sekarang ini sudah keluar dari frame tentang definisi hijrah itu sendiri. Ketika kita melihat anak-anak zaman sekarang mengartikan hijrah lebih kepada tampilan luarnya saja bukan kepada substansi atau esensi.

Hijrah menurut saya adalah kebangkitan untuk selalu menuju menuju Allah dan RasulNya. Move on kepada nilai-nilai kemanusian dan saling berbagi tentang kebahagiaan. Ketika titik jiwa kita telah tersentuh untuk menuju titik ilahiah, maka seluruh motivasi, kehendak dan cita-cita kita akan selalu menuju Allah, dan sarana menuju Allah selalu berusaha dari diri kita untuk memberikan yang terbaik kepada sesama

Dan, definisi hijrah juga bisa kita artikan, ketika kita menyesali hari-hari yang telah berlalu yang penuh dengan keterpurukan ruhani, jauh dari mengingat Allah dan pernah merasa begitu berat beban kehidupan kita yang telah membuat kita berada pada titik nadir kehidupan ini, kita bisa meminta ampunan dan pertolongan Nya. karena rahmat Allah itu lebih luas dari segalaNya.  

Kita bisa memotivasi diri kita untuk berbuat yang lebih baik lagi dari hari-hari yang telah kita laluli. Perjalanan ruhani kita akan terus kita tempa dengan selalu mendekatkan diri kepada allah. Hal-hal spiritual yang kita lakukan juga selalu tercurah kepadaNya. Kita optimis dan semangat dalam berbuat kebaikan.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Hijrah bisa juga kita artikan dari yang tidak lucu menjadi lucu. Dan berdakwah dengan lucu, tapi tidak menghilangkan esensi dari nilai-nilai dakwah yang menuju kepada kebaikan adalah salah satu cara untuk mendekatkan ajaranNya kepada generasi yang sedang berjalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN