Mohon tunggu...
Ire Rosana Ullail
Ire Rosana Ullail Mohon Tunggu... Administrasi - irero

Content Writer | Sosial Budaya | Travel | Humaniora | Lifestyle | Bisnis | Sastra | Book Sniffer | Bibliophile | Bibliomania | Tsundoku | email : irerosana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Kecil Berbulu yang Selalu Menemani Sahurku

7 April 2023   10:17 Diperbarui: 7 April 2023   10:26 930
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Doc.pribadi/Ire Rosana Ullail

Ada yang berbeda dengan ramadan kami (saya dan suami) di 2 tahun terakhir. Kami hampir tidak pernah terlambat bangun untuk sahur. Setiap kali membuka mata ada 2 bola mata hitam dan wajah mungil tengah duduk menatap wajah kami.

Jika belum benar-benar bangun maka ia akan mengendus, mengusap kaki kecilnya ke wajah kami. Segala upaya ia lakukan agar kami bangun dan tidak terlambat makan sahur.

Yah, begitulah kira-kira saya menggambarkan keberadaan Pon Pon. Anabul yang kami adopsi kurang lebih 2 tahun lalu. Kami menamainya Klepon atau orang biasa memanggilnya Pon Pon.

Selain lucu, menggemaskan serta bertugas untuk menebar kebahagiaan, Pon Pon memiliki tugas tambahan yaitu membangunkan kami setiap pagi.

Anehnya kami bisa merequest waktunya. Percaya atau tidak percaya tapi entah kenapa itu nyata. Di hari biasa ia akan membangunkan kami sekitar pukul 4 pagi, sementara weekend pukul 5 pagi. Beda lagi ketika bulan ramadan, ia sudah bertugas sejak pukul 3 pagi.

Lucunya lagi saat kami belum terjaga 100%, masih duduk sambil merem sembari mengumpulkan nyawa, ia akan melongo mengecek mata kami. Jika masih merem Pon Pon tanpa ragu akan mengusap-usapkan kepalanya bahkan menubrukkan wajahnya ke wajah kami.

doc.pribadi/Ire Rosana Ullail
doc.pribadi/Ire Rosana Ullail

Cerita tentang Pon-Pon yang bisa  request jam ketika membangunkan kami bahkan pernah trending di TikTok. Banyak cat lovers yang kemudian bercerita mengalami hal serupa.

Beberapa sumber mengatakan ada beberapa alasan kucing suka membangunkan pemiliknya setiap pagi diantaranya merasa lapar, crepuscular (hewan yang aktif selama remang-remang di peralihan atau pagi hari), serta memastikan pemiliknya bangun untuk mendeteksi adanya tanda-tanda kehidupan.

Beberapa kucing juga meminta pemilik membukakan pintu rumah ketika pagi, namun berbeda hal dengan Pon Pon karena ia kucing rumahan yang tidak pernah keluar rumah sementara tempat makannya selalu penuh, jadi kemungkinan besar Pon Pon membangunkan kami untuk mendeteksi adanya tanda-tanda kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun