Mohon tunggu...
Ire Rosana Ullail
Ire Rosana Ullail Mohon Tunggu... Administrasi - irero

Content Writer | Sosial Budaya | Travel | Humaniora | Lifestyle | Bisnis | Sastra | Book Sniffer | Bibliophile | Bibliomania | Tsundoku | email : irerosana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Dari Kisah Mama The Idol di Korea hingga Ibu Rumah Tangga di Sekitar Kita

22 Desember 2021   21:17 Diperbarui: 23 Desember 2021   19:12 4119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ibu rumah tangga | Sumber : unsplash.com

Ada yang menarik dari variety show TV Korea berjudul Mama The Idol yang bisa dilihat di salah satu layanan streaming. 

Variety show tersebut mengajak para idol lama yang sudah vakum dari industri hiburan Korea dan telah menjadi seorang ibu rumah tangga untuk kembali ke panggung hiburan.

Konsep ini menarik karena salah satunya mengingatkan bahwa sebelum seorang perempuan berumah tangga, ia telah lebih dulu memiliki kehidupannya sendiri. 

Menikah membawa perubahan besar dalam diri seorang perempuan, salah satunya adalah berubahnya aktivitas keseharian yang harus mereka jalani. Yang dulunya wanita kantor menjadi pejuang pakaian kotor, yang dulu memakai heels kini terbiasa dengan daster dan kompor serta yang dulunya aktris kini harus berhadapan dengan ompol bayi berbau amis.

Beberapa perempuan memutuskan untuk tetap berperan ganda pasca menikah, namun banyak pula yang harus merelakan kehidupan dahulunya demi bisa maksimal mengurus buah hati dan keluarganya.

Salah seorang peserta Mama Idol Jung Ah ex-member girlband Jewerly bercerita bahwa terkadang di sela rutinitasnya mencuci piring, ia kepikiran "aku ini sedang apa?" 

Seorang ibu juga mengalami dilema yang ia simpan sendiri. Mereka berkorban meninggalkan hidup dan cita-cita mereka demi membuka lembaran baru bersama keluarga kecilnya.

Cerita mengharukan lagi dibagi oleh Yang Eun Ji ex-member Baby V.OX Re.V yang selama 13 tahun menulis status pekerjaannya sebagai ibu rumah tangga dan merasa memiliki kelebihan, yaitu bisa mengeringkan rambut anak dengan sangat cepat. 

Mendengar itu, salah seorang junior idol jadi menangis haru. Kondisi Yang Eun Ji sekarang jauh berbeda dari kehidupannya dulu sebagai seorang anggota girlband yang dipuja-puja banyak penggemar.

Menjadi ibu rumah tangga adalah hal yang membanggakan, terlebih ketika melihat anak mereka tumbuh dengan sangat baik. Namun di tengah euforia tersebut pastilah terdapat secuil kerinduan untuk kembali ke masa di mana mereka hidup dengan kemampuannya sendiri, berkarir dan meraih apa yang dicita-citakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun