Mohon tunggu...
NIKEN AYU PRAMUDITA
NIKEN AYU PRAMUDITA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Bagaimanapun Takdirlah Yang Akan Menentukannya

31 Oktober 2022   06:41 Diperbarui: 31 Oktober 2022   06:53 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Tepat 2 tahun yang lalu, terukir sebuah peristiwa yang hingga saat ini kujadikan suatu peristiwa yang sangat berkesan. Sebuah pengalaman yang ketika aku mengingatnya akan membuatku merasakan bagaimana  kecewanya jadi aku saat itu. Cerita ini berawal  ketika aku masih duduk di bangku SMA tepatnya kelas XII, waktu itu adalah waktu dimana aku sedang dilanda kebingungan. Bagaimana tidak bingung, diwaktu tersebut adalah waktu penentuan setelah lulus SMA ini aku mau lanjut kemana. Memang sih ini salahku sendiri, aku terlalu asik dengan kegiatan-kegiatanku di SMA, hingga akupun lupa memikirkan akan hal tersebut. Hingga tiba saatnya semua siswa diajak berkumpul di ruang BK, beberapa temanku kaget mendengarnya. Lebih kagetnya lagi kita diberi selembaran kertas, kertas tersebut bertuliskan tentang Universitas mana yang menjadi pilihan kita dan kita harus mencantumkan minimal 2 pilihan Universitas serta Prodinya, yang nantinya akan dimasukkan kedalam data untuk pendaftaran SNMPTN. Perasaanku saat itu semakin bingung, ditambah lagi ada beberapa temanku yang sudah mantab dengan pilihannya. Melihat hal tersebut aku semakin bingung dan gelisah,aku bertanya-tanya dengan diriku sendiri, universitas mana yang harus aku pilih? Prodi apa? Tapi tidak lama setelah itu, guru BK ku pun menginformasikan bahwa lembaran tersebut tidak harus dikumpulkan di hari itu juga, Beliau memperbolehkan kami untuk memikirkan dahulu dan memberikan kami waktu 1 minggu untuk memikirkannya.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

Sudah tepat 1 minggu setelah selembaran kertas tersebut dibagikan, hari itu adalah hari dimana aku harus mengumpulkannya. Dengan berat hati dan kurang keyakinan, aku mengumpulkan selembaran kertas tersebut dan sudah tertulis 2 pilihan universitas serta prodinya. Pilihan tersebut adalah buah dari pemikiranku dimalam-malam sebelum hari pengumpulan itu tiba. Sebenarnya kala itu, aku tidak ingin berkuliah di suatu Universitas tetapi aku ingin melanjutkan studiku di sebuah sekolah kedinasan. Aku tertarik dengan sistemnya, karena ketika dinyatakan lolos sebagai siswa di sekolah kedinasan tersebut selama sekolah semua biayanya yang menanggung adalah Negara. Betapa berharapnya aku pada waktu itu, karena aku rasa jika aku berhasil lolos di sekolah kedinasan, aku akan sedikit meringankan beban orang tuaku dalam biaya perkuliahannya. Tetapi aku sempat merasa insecure, Karena sekolah kedinasan itu memiliki peminat yang sangat banyak dari seluruh Indonesia.                                                                                                          

Meskipun aku tahu tidak sedikit yang minat di sekolah kedinasan, aku tetap ingin menjadi bagian dari sekolah kedinasan tersebut. Aku akhirnya mendaftar secara online di salah satu sekolah kedinasan, Namanya IPDN (Institut Pemenrintahan Dalam Negeri). Meskipun lokasi kampusnya di luar kota tak menyurutkan semangatku untuk mendaftar. Di sela-sela mengurus semua berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran, aku selalu menyempatkan diri untuk latihan fisik. Latihan fisik ini sangat diperlukan karena aku akan menempuh rangkaian seleksi yaitu salah satunya Tes kesehatan. Latihan fisik yang aku lakukan yaitu berenang, push up, sit up, chinning up, lari, dll. Tak hanya itu aku juga harus belajar seputar pengetahuan-pengetahuan umum, pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, dan tak lupa belajar tes psikologi. Dalam hal ini aku harus pintar membagi waktu antara sekolah dan latihan-latihan.                                                                                                                                                                                                                                                                                              

Setelah 3 minggu, Guru BK ku kembali menginformasikan sebuah informasi yang agak mengagetkan sekaligus membuat aku berpikir dengan matang. Beliau menginformasikan bahwa, jika ada yang ingin mengundurkan diri dari SNMPTN murid dihimbau untuk membuat surat pernyataan yang ditulis tangan dan bertanda tangan di atas materai.   Saat itulah aku berpikir dan bertanya-tanya . Apa aku mengundurkan diri saja ya dari SNMPTN? lalu setelah kupikirkan matang-matang, aku mengambil kesempatan tersebut. Aku membuat surat pernyataan bahwa aku mengundurkan diri dari SNMPTN dan kutanda tangani surat tersebut di atas materai. Aku memutuskan utuk mengundurkan diri karena ada 2 alasan, yaitu yang pertama dari pada aku nanti diterima di suatu Universitas dengan pilihan prodi yang aku kurang yakin malah nanti ketika aku menjalani kuliah di prodi tersebut, aku takut tidak bisa mengikuti perkuliahan dengan baik, alas an yang kedua yang pastinya karena aku ingin fokus agar aku bisa lolos seleksi sekolah kedinasa. Setelah kutanda tangani surat pernyataan tersebut, aku bukan lagi menjadi pejuang SNMPTN melainkan menjadi pejuang kedinasan.                                                                                                                                                                                                                                                                             

Waktu berlalu begitu cepat, setelah sekian lama aku berproses demi ingin lolos pada seleksi kedinasan. Hari demi hari kulewati dengan penuh semangat untuk terus berlatih dan belajar. Kini tiba waktunya aku melakukan proses seleksi. Proses seleksi yang pertama ini Namanya adalah Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). SKD ini adalah tes yang terdiri dari Tes Intelegasi umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pada waktu itu aku melakukan seleksi di BKN KANREG II SURABAYA. Pagi itu, jantungku sangat berdebar karena inilah waktunya untuk aku seleksi setelah aku belajar dan berlatih cukup lama. Saat sebelum seleksi aku selalu bersholawat dan berdoa kepada Allah SWT agar aku diberi kemudahan saat mengerjakannya. Setelah itu, seluruh peserta seleksi dihimbau untuk masuk ke masing-masing ruangan yang telah disediakan. Aku mengerjakan soal dengan hati-hati dan teliti. Kala itu, Pihak penyeleksi memberikan waktu 100 menit dengan 110 soal yaitu TIU  35 soal, TWK 30 soal, dan TKP 45 soal. Setelah mengerjakan 110 soal tersebut, petugas penjaga seleksi memberikan informasi bahwa setelah sesi seleksi SKD selesai akan muncul nilainya dan para peserta dihimbau untuk mencatat nilai tersebut untuk dicocokkan di lembaran hasil seleksi yang akan tertempel pada papan pengumuman, karena ditakutkan ada kecurangan. Aku lupa berapa nilai yang kudapatkan saat itu,tapi aku nilaiku dinyatakan memenuhi passing grade. Setelah seleksi selesai, aku pulang kerumah.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

 Tiga hari berlalu setelah tes SKD, Hari itu adalah Hari pengumuman seleksi aku sangat berharap bahwa aku bisa lolos tes SKD dan dapat mengikuti serangkaian tes lainnya. Pengumuman seleksi ini diumumkan secara Online. Kubuka web pengumuman seleksi dan aku tercengang melihatnya. Ternyata aku tidak lolos seleksi, meskipun nilaiku memenuhi ada 1 lagi indikator kelulusannya yaitu kuota per daerah. Aku lupa berapa banyak kuota yang tersedia untuk peserta dari Jawa Timur, tapi aku ingat aku urutan yang tak jauh dari kuota tersebut. Kala itu aku sangat kecewa, sedih, bahkan sempat nangis. Aku merasa bahwa usahaku selama ini sudah cukup, tapi ternyata aku tidak diterima. Tapi saat itu aku juga berpikir "memang belum rezekinya tahun ini". Seluruh keluargaku juga mencoba menguatkan aku yang sedang ngedown waktu itu Dan mulai dari hari itu aku resmi dinyatakan sebagai siswa gap year.                 

Setelah kegagalan kemarin aku berpikir, apa yang akan aku lakukan untuk mengisi hari-hariku saat akhirnya aku memutuskan untuk gap year dan ingin lanjut mencoba daftar tahun depan. Waktu itu aku menjalankan 1 aktivitas yang menurutku baru , yaitu kerja. Awalnya aku meminta izin ke orang tuaku agar aku bisa kerja di coffe shop  karena saat itu lagi ngetren-ngetrennya, Tapi ternyata aku tidak direstui. Ayahku memperbolehkan aku bekerja, jika aku mau memegang salah satu usaha kecil-kecilan sebagai sampingannya, karena pada waktu itu beliau sangat repot dengan pekerjaan utamanya. Tak berpikir Panjang, aku langsung menerima tawarannya. Hari-hari kuisi dengan bekerja, belajar dan berlatih sambal menunggu pendaftaran di tahun depannya.

Nama            : Niken Ayu Pramudita

NIM               : 4330022018

Prodi             : S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Universitas : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)

Tugas            : UTS Bahasa Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun