Mohon tunggu...
M Jimli Asshiddiqi
M Jimli Asshiddiqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bulutangkis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

UMKM Kerajinan Tangan Kayu dari Sukamantri

11 Agustus 2022   16:14 Diperbarui: 11 Agustus 2022   16:28 71 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kapan Go Digital? Desa Tanpa Kemiskinan Desa Kampus Sumedang Kelompok 160, KKN UPI. Desa Sukamantri di Dusun Pasirhuni akan menjadi tuan rumah acara KKN ini selama 30 hari, dimulai dari 11 Juli hingga 10 Agustus 2022. 

UMKM adalah kependekan dari Usaha Mikro Kecil Menengah, yang didefinisikan sebagai standar industri dalam dunia ekonomi yang berlaku untuk usaha kecil dan menengah yang memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 untuk perusahaan yang memenuhi syarat. 

Sekitar 10 tahun yang lalu, kerajin tangan Bapak Budi didirikan dengan mata uang sendiri. Setiap penjualan tidak menggunakan pembukuan untuk pemasukan dan pengeluaran. Macam-macam kerajinan yang dibuat antara lain ventilasi udara, plakat, peralatan makan, atau bisa juga berbagai jenis alat rumah tangga atau bangunan yang lainnya. Begitu ada sale, pembuatan kerajinan tangan selesai sesuai dengan pesanan.

Peristiwa Covid-19 yang berlangsung pada tahun 2020 memberikan dampak yang sangat signifikan bagi berbagai organisasi, termasuk UMKM. Bapak Budi adalah satu-satunya yang dikunjungi. Penjualan sebelum dan sesudah pandemi jelas berbeda. Keuntungan berjalan lancar namun dramatis.

Bantuan atau bahkan saluran dana dari pemerintah dicurigai karena keluarga Pak Budi tidak mendapatkan bantuan yang sama. Namun, ini bukan alasan bagi kelompok untuk terus berusaha memenuhi kebutuhan mereka.  Sebaliknya, karena tingkat keakraban pengguna dengan media sosial masih rendah, pemasaran dengan menggunakan platform digital belum dilakukan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan