Mohon tunggu...
Isa Azahari
Isa Azahari Mohon Tunggu... Konsultant SDM

Pemerhati Pembangunan Ibukota Negara Baru. Ngakunya milenial dan Ingin berkontribusi lebih.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Mengenal Macam-macam Piala dan Asal Mulanya

24 Maret 2020   01:11 Diperbarui: 25 Maret 2020   05:30 238 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Macam-macam Piala dan Asal Mulanya
ilustrasi medali dan piala. (sumber: pixabay.com/alex1983)

Hingga saat ini bentuk penghargaan kepada pemenang lomba atau pertandingan umumnya masih memakai simbol sebuah Piala yang dalam bahasa Inggris disebut CUP

Piala sejatinya adalah semacam Cawan yang besar dan bentuknya langsing dan tinggi. Bentuk lain dari Piala adalah mempunyai tangkai pegangan disisi kiri dan kanannya. 

Macam-macam bentuk piala ada yang besar ada yang kecil, ada yang tinggi ada yang rendah, ada yang bertangan dua ada yang tanpa tangan, ada yang disertai penutup ada pula yang tidak.

Sebelum kita cerita tentang asal mula Piala, ada baiknya kita cerita tentang macam-macam bentuk penghargaan di bidang olahraga.

Sekarang bentuk Piala sebagai hadiah/penghargaan di bidang olahraga juga banyak mengalami perubahan. Dari yang tadinya berbentuk Cawan tinggi langsing dengan penutupnya dan ada pegangannya, berubah menjadi bentuk seperti Tugu atau berbentuk miniatur sebuah bangunan. Piala jenis ini biasa disebut Trophy. 

Adapula piala yang berbentuk Piringan yang terbuat dari Baja Putih atau Perak atau bahan lain yang tidak mudah berkarat. Pada bagian tengah piring itu tertulis keterangan tentang kejuaraan. 

Selain piala, kita juga mengenal Medali. Apa beda Piala dan Medali? Piala adalah penghargaan bagi pemenang untuk SATU event olahraga beregu, seperti: Piala Thomas (Bulutangkis putra), Piala Dunia (sepak bola), Piala Davis (Tenis Putra) dan lain-lain. Sifat kepemilikan Piala biasanya Bergilir dan kepada setiap pemenang diberikan duplikasi atau berupa Piringan. 

Sedang Medali adalah penghargaan bagi pemenang untuk multi-event olahraga, seperti: Olimpiade, Asian Games, Sea Games dll. 

Dan Medali, seperti yang kita tahu terdiri dari tiga tingkatan: Emas, Perak dan Perunggu. Sifat kepemilikan Medali adalah tetap. Sekali diserahkan kepada pemenang maka selamanya menjadi milik pemenang. 

Cerita mengenai Medali Emas tidak lengkap bila tidak membahas bahannya, apakah asli terbuat dari Emas atau bukan? 

Sebagai gambaran, medali Emas Olimpiade Rio 2016 masing-masing medali beratnya 500 gram, sebanyak 494 gram terdiri dari perak dan emasnya hanya 6 gram. Jadi medali emas itu lebih banyak peraknya yang dibalut Emas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN