Mohon tunggu...
Mega Fourria Minggustri
Mega Fourria Minggustri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Universitas Pendidikan indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya Prodi PGSD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Seminar Pendidikan "Pentingnya Parenting: Orangtua Hebat, Anak Hebat"

10 Agustus 2022   13:45 Diperbarui: 10 Agustus 2022   14:01 298 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

TASIKMALAYA, Mahasiswa KKN Tematik UPI Tasikmalaya di Desa Purwasari menyelenggarakan Seminar ‘Parenting' dengan mengangkat tema “Orang Tua Hebat Anak Hebat”.

Acara tersebut berlangsung di Bale Syawala Desa Purwasari, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya Jum’at (05/08) pekan lalu. Dengan mendatangkan Dosen Universitas Pendidikan Indonesia yaitu Nuraly Masum Aprily, M.Pd., asal Kota Bandung sebagai Pemateri. Hadir dalam seminar tersebut, Kepala Desa Purwasari, Supendi Supriadi, S.IP. Ketua Wilayah di Desa Purwasari, dan Muhamad Ainul Anwar sebagai Ketua Kelompok KKN beserta para Masyarakat setempat dan Orang Tua Peserta Didik.

Seminar ‘Parenting’ ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi desa purwasari, sesuai dengan hasil observasi selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Desa Purwasari, kami mendapatkan data kurangnya pemahaman orang tua terhadap ‘parenting’ di lingkungan masyarakat Desa Purwasari. Sehingga, menghambat proses pembelajaran anak di sekolah, terlebih dampak pasca-pandemic dalam pendidikan anak di rumah masih jauh dari kata maksimal. Seminar Pentingnya ‘Parenting’: Orang Tua Hebat, Anak Hebat sebagai bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mensosialisasikan dan menyelaraskan kegiatan-kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak antara di kelompok bermain dan di rumah. Parenting ini ditujukan untuk para orang tua, para pengasuh anak, dan anggota keluarga lain yang berperan secara langsung dalam proses perkembangan anak.

Kepala Desa Purwasari mengatakan “Seminar Parenting ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana mendidik anak dalam keluarga, terlebih didukung dengan adanya PAUD KOBER Al-Marjan yang dirintis di Bale Syawala. Sehingga orang tua mampu solid dalam mendidik dan mengasuh anak agar menjadi keluarga yang hakiki dunia akhirat”.

Sementara pemateri Nuraly Masum Aprily, M.Pd., mengatakan bukan hanya anak saja yang dituntut untuk belajar, namun orang tua juga harus tetap belajar, khususnya mengenai pola asuh anak karena jika ingin anaknya hebat maka orang tua pun harus hebat. Salah satu cara agar petumbuhan anak baik yaitu dengan perhatian, rasa aman, dan kasih sayang dari orang tuanya.

Beliau menambahkan bahwa ada 5 faktor yang mempengaruhi ‘parenting’ yakni kualitas hubungan orang tua, kepribadian orang tua, pendidikan orang tua, kesehatan mental orang tua, dan pengalaman yang diterima dari orang tua ketika mereka masih kanak-kanak. “Jadi peran orang tua sangat penting bagi perkembangan anak” paparnya.

Muhamad Ainul Anwar selaku ketua kelompok KKN di Desa Purwasari mengatakan “Semoga setelah mengikuti Seminar Pentingnya ‘Parenting’: Orang Tua Hebat, Anak Hebat, orang tua bisa mengaplikasikan apa yang sudah didapatkan dalam kegiatan ini untuk mengasuh dan mendidik anaknya” harapnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan