Mohon tunggu...
Amrullah Usemahu
Amrullah Usemahu Mohon Tunggu... -

KUASAI LAUT - KUASAI DUNIA\r\n" Terus Berkarya Demi Perikanan Jaya"

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Secercah Harapan dan Berjuta Cinta dari Papua (Catatan Perjalanan dalam Program Holistik Bersama Sesjen Wantannas RI Bag. I)

27 September 2018   16:20 Diperbarui: 28 September 2018   13:05 989
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengutip lirik sebait Lagu  AKU PAPUA :

Tanah Papua tanah yang kaya
surga kecil jatuh ke bumi
Seluas tanah sebanyak madu
adalah harta harapan

 

Lirik lagu ini mengawali tulisan saya saat bersama Sesjen Dewan Ketahanan Nasional RI Letjen TNI Doni Monardo dan Tim Program Holistik berjumlah sekitar 50 orang yang terdiri dari 8 Kementerian/lembaga, Akademisi dan pelaku usaha di bidangnya masing-masing seperti Bukalapak, Kopi Kapal Api, Sagu Riau, Bogasari, Kopi Sapalewa,Sinar Mas, Indofood, Rajawali Group dan lainnya melakukan serangkaian kunjungan ke Provinsi Papua dan Papua Barat. Perjalanan itu dimulai sejak 24-27 september 2018 dengan mengunjungi 3 Kota yakni Jayapura, Manokwari dan Sorong. Judul tulisan saya ini terinspirasi saat saya mengikuti tim holistik dan berada di sebuah danau di wilayah kabupaten Jayapura, diatas sebuah bukit yang indah dan danau itu berbentuk LOVE atau Cinta yang diberi nama danau Emfote yang berada pada dusun Putali. Tatap muka yang dilakukan menjelang gelap malam dan berteman senter HP ini untuk menjadi penerangan lampu adalah cerita unik tersendiri bagi saya. Selain itu apresiasi kepala suku dan masyarakat yang hadir dan begitu antusias dengan memberikan banyak doa dan harapan terhadap program holistik yang akan dilaksanakan diharapkan menjadi spirit baru bagi masyarakat untuk mengelola potensi sumberdaya alam dengan baik demi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

 

Saya (Penulis) dilahirkan di Jayapura, disaat ayah saya bertugas sebagai Anggota Kepolisian di Irian Jaya (nama PAPUA kala itu) dan bertugas hampir 15 tahun di Jayapura maupun Wamena. Setelah puluhan tahun lamanya akhirnya saya dapat menginjakan kaki kembali di tanah kelahiran saya tecinta ini dengan turut serta dalam rombongan Setjen Wantannas. Kota Jayapura terlihat semakin berkembang dengan menggeliatnya pembangunan infrastruktur seperti gedung, jalan, jembatan dan infrastuktur lainnya. mengunjungi Jayapura ibaratnya pulang ke rumah sendiri yang menyimpan banyak kenangan manis disini.

pendeta2-5baca0b8c112fe17961ffca5.jpg
pendeta2-5baca0b8c112fe17961ffca5.jpg

 

Saya melihat banyak perubahan yang sangat siginifikan terhadap Irian Jaya (Papua & Papua Barat) dan Program Holistik yang dibawa Sesjen Wantannas akan membawa semangat Papua dan Papua Barat yang ASASI(Adil,Setara dan Sejahtera) dalam Bingkai NKRI merupakan harapan baru bagi Masyarakat di tanah Papua.

Saya mengutip pernyataan Pdt. M.P.A Maury dari Forum Komonikasi Umat Beragama (FKUB) Papua yang menyatakan bahwa "Buat apa merdeka kalau kita tidak sejahtera, salah satu jalan menuju kesejahteraan itu adalah melalui program yang dibawa sekarang ini , selain itu kedatangan Letjen TNI Doni Monardo merupakan jawaban atas doa-doa kami selama ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun