Mohon tunggu...
Octha Monichaa
Octha Monichaa Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Point Penting dalam Menjaga Kesehatan Mata

21 September 2017   15:24 Diperbarui: 21 September 2017   15:47 1502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mata adalah salah satu panca indera yang sangat vital karena mata sebagai penunjang kegiatan manusia dalam sehari-hari, maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata. Dengan maraknya perkembangan zaman dan  kemajuan dalam bidang teknologi dan pola hidup yang kurang sehat kita dapat menerima dampak dari hal itu yaitu munculnya beberapa macam penyakit pada diri kita, hal ini juga bisa dikatakan sebagai faktor yang mempengaruhi terganggunya kesehatan mata, karena biasanya ketika kita sudah fokus bermain handphone kita akan lupa dengan lingkungan sekitar bahkan kita akan lupa dengan rasa lelah yang dirasakan oleh mata kita.

Tanda yang sering muncul dari kelelahan mata biasanya ditandai dengan mulai rabunnya pandangan dalam beberapa detik, keluarnya air mata secara tiba-tiba dan mungkin ada yang biasanya disertai dengan rasa perih sedikit. Jika kita sudah mengalami hal-hal tersebut disarankan agar segera mengistirahatkan mata kita,banyak yang mengatakan bahwa menjaga kesehatan mata bisa dengan cara memakan sayur wortel dengan teratur. Kenapa wortel? Karena wortel kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan dalam upaya menjaga kesehatan mata :

1.Memakai pelindung mata ketika kita berkendara, karena ketika kita berkendara maka akan ada banyak debu yang akan masuk dan dapat mengganggu atau mempengaruhi kesehatan mata kita. Tidak hanya dalam berkendara tetapi saat kita sedang mengerejakan tugas atau menonton film kita akan sangat fokus pada komputer atau handphone kita dan menghiraukan daya tahan mata kita, maka disarankan agar kita memakai pelindung mata misalkan kacamata, dengan kita memakai kacamata maka radiasi dari handphone atau laptop kita tidak akan langsung kena mata.

2.Istirahat kan mata, karena sebenarnya mata juga sangat membutuhkan jam istirahat yang cukup. Seperti kita menonton tv, main game, main komputer hingga berjam-jam maka itu akan menyebabkan kelelahan mata mata. Maka hindari melakukan hal tersebut dengan skala waktu yang lama karna hal tersebut akan mengakibatkan mata kita mengalami gangguan seperti minus.

3.Banyak mengkonsumsi telur, karena telur kaya akan protein dan vitamin A yang terkandung dalam wortel. Hal itu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita, tidak hanya itu saja kandungan dalam putih telur yaitu Zeaxanthin dan Lutein itu sangat baik dalam mencegah penyakit parah dalam mata seperti katarak.

4.Jangan lupa biasakan rutin dalam periksa mata, terlebih saat kita merasakan hal yang berbeda dari mata kita. Seperti saat mata kita kemasukan benda-benda kecil seperti debu, semut, atau lainnya biasanya mata kita akan tampak merah, akan terasa seperti mengganjal dan terasa perih. Dengan seperti itu sebaiknya kita segera memeriksakan dan mengkonsultasikan keluhan tersebut kepada dokter mata sehingga kita dapat mengetahui permasalahan yang ada pada mata kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun